Gebyar Pilkada Karawang 2020 Antisipasi Klaster Baru Covid-19

KPU Karawang gelar Gebyar Pilkada Karawang di salah aatu hotel di Karawang, Jumat (28/8/2020) malam.[POSBEKASI.COM/IST]

POSBEKASI.COM | KARAWANG – Perhelatan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Karawang, secara resmi dimulai dengan diselenggarakannya gebyar Pilkada Karawang oleh KPU Karawang di salah satu hotel di Karawang, Jumat (28/8/2020) malam.

Gebyar Pilkada tersebut dihadiri Ketua KPU Pusat Arief Budiman, Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Dandim 0604 Karawang, Kapolres Karawang, Kajari Karawang, dan Ketua DPRD Karawang.

Bupati Karawang optimis penyelenggaraan Pilkada Karawang berlangsung aman dan memiliki tingkat partisipasi pemilih yang baik. Hal itu terlihat dari partisipasi pemilih saat Pemilu 2019 lalu. Yakni persentase pemilih mencapai 79,23 persen.

Selain itu, pengalaman sejumlah pesta demokrasi tingkat Kabupaten hingga Nasional di Karawang berjalan kondusif.‎ Bupati Cellica yakin Pilkada 2020 ini berjalan dengan baik, dan tingkat partisipasi pemilih semakin meningkat dari sebelumnya.

“Meskipun saat ini sedang wabah. Tapi pemerintah dan KPU Karawang dan stake holder lain bakal bekerja keras untuk kelancaran dan kesuksesan Pilkada,” kata Cellica.

Ketua KPU RI, Arief Budiman‎ mengatakan, Pilkada serentak tahun ini agak berbeda dengan Pilkada sebelumnya. Mengingat pelaksanaannya bersamaan dengan wabah penyakit.

Oleh karena itu, demi mencegah adanya klaster baru, maka KPU saat ini sedang mengkaji pembatasan peserta kampanye tatap muka.

“Kami masih mengkaji. Sudah konsultasi juga dengan pemerintah dan DPR. Aturannya nanti dituangkan ke PKPU,” kata Arief.[DIN]

Pin It

Comments are closed.