Pemberdayaan Masyarakat Untuk Kemandirian Desa

Anggota DPRD Jabar Deden Galih saat Reses III Tahun Sidang 2019-2020 di Desa Hegarsari, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut.[POSBEKASI.COM/IST]

POSBEKASI.COM | GARUT – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Deden Galih, menekankan pentingnya pemberdayaan masyarakat untuk kemandirian desa. Hal tersebut dikatakannya saat Reses III Tahun Sidang 2019-2020 di Desa Hegarsari, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut.

Deden mengatakan Desa Hegarsari memiliki potensi yang besar di bidang pertanian, namun warga desa hanya sebagai penggarap saja sehingga diperlukan pemerberdayaan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Jangan sampai penggarap lalu tanahnya dimanfaatkan bukan untuk pertanian, bagaimana nasib penggarap ini. Dibutuhkan trigger bagaimana memberdayakan penggarap-penggarap ini agar lebih baik lagi dari sisi ekonominya,” ujar Deden,  Jumat (10/7/2020).

Deden menambahkan Kabupaten Garut memiliki banyak potensi seperti halnya pertanian, peternakan dan perikanan memanfaatkan wilayah yang luas sehingga bisa didorong memiliki zona industri dalam skala besar di bidang peternakan, pertanian dan perikanan tersebut.

“Menurut kami itu bisa untuk wilayah Kabupaten Garut karena sumber daya alamnya nyampak. Tinggal bagaimana me-enginering pemahaman itu dalam skala ekonomi menjadi skala industri untuk Kabupaten Garut,” ucap Deden.

Deden berharap pemberdayaan masyarakat akan berlanjut menumbuhkan potensi ekonomi yang bisa membantu pengembangan kemandirian desa.[POB]

Pin It

Comments are closed.