Wali Kota Shalat Ied di Masjid Zona Hijau Patuhi Protokol Covid-19

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di rapid test patuhi protokol kesehatan sebelum melaksanakan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di Masjid Al Kautsar, Perumahan Pondok Pekayon Indah, Bekasi Selatan, Ahad (24/5/2020). [POSBEKASI.COM/IST]

POSBEKASI.COM | BEKASI – Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengikuti Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah mengikuti protokol kesehatan Covid-19 di Masjid Al Kautsar, Perumahan Pondok Pekayon Indah, Bekasi Selatan, Ahad (24/5/2020).

Kelurahan Pekayon Jaya, menjadi satu diantara 51 kelurahan yang masuk zona hijau dan bisa melaksanakan Sholat Idul Fitri berjamaah. Di lokasi berlangsungnya sholat, dilakukan protokol kesehatan pembatasan jarak, pemeriksaan suhu tubuh, berwudhu dan memakai hand sanitizer.

Sebelum pelaksanaan sebanyak 98 warga dilingkungan RT08/01 Pekayon Jaya .dilakukan rapid tes dan hasilnya semua dinyatakan negatif.

“Saya melaksanakan kegiatan Shalat Ied bersama keluarga dan ibu dan DKM terlihat lengkap melakukan protokol  kesehatan,” kata Rahmat Effendi kepada wartawan usai mengikuti Shalat Ied, Ahad (24/579/2020).

Menurutnya, sekitar 1000 dari 1280 masjid melaksanakan Shalat Ied di 12 kecamatan, terdapat 51 kelurahan atau 90 persen dari 56 kelurahan yang masuk zona hijau dan ditetapkan dapat melaksanan Shalat Ied.

“Sampai dengan kemarin ada 51 kelurahan. Penetapan ada kelurahan jadi zona hijau. Rapat dengan MUI, yang melaksanakan ibadah bagi yang sudah dinyatakan hijau dapat melaksanakan sholat Ied,” ungkapnya.

Sebelum pelaksanaan Shalat Ied telah diajukan protokol kesehatan Covid-19 dengan melakukan rapid tes dan sebanyak 71 reaktif, namun setelah melakukan pemeriksaan lanjutan lewat Swab dilabkesda Kota Bekasi dinyatakan negatif.

“Dari sejumlah laporan juga beberapa masjid di zona hijau tetap meniadakan Shalat Ied. Dan itu kami hargai karena sebagai bagian hak masing-masing,” ungkapnya.[ISH]

Pin It

Comments are closed.