Pemprov Jabar Turun Tangan Atasi Banjir Bekasi

Banjir menggenangi jalan utama Perumahan Jatimulya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Selasa (25/2/2020). [POSBEKASI.COM/Oji]

POSBEKASI.COM | BANDUNG – Banjir yang mengepung dan melumpuhkan Kota dan Kabupaten Bekasi menjadi perhatian dan membuat Pemprov Jawa Barat turun tangan.

Pemerintah Provinsi Jabar bersama Pemda Kabupaten dan Kota Bekasi bergerak cepat dalam mengatasi banjir yang menggenangi sejumlah titik di kawasan Bekasi.

Banjir yang melanda Bekasi, Selasa (25/2/2020), terjadi akibat curah hujan yang tinggi sejak Senin (24/2/2020) malam.

Sebagai langkah awal, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, pihaknya meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar untuk bersiaga.

“BPBD Jabar juga harus berkoordinasi dengan BPBD Kota dan Kabupaten Bekasi terkait bantuan yang diperlukan agar (bantuan) itu bisa segera dikerahkan kepada warga terdampak maupun yang mengungsi,” kata Setiawan saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (25/2/2020).

Meski begitu, Setiawan menegaskan bahwa penanganan banjir termasuk di Bekasi ini ikut menjadi kewajiban koordinasi lintas sektor, bukan hanya oleh salah satu perangkat daerah saja.

“Jadi saya hari ini langsung mengoordinasikan mulai dari Dinas PSDA, BPBD, Dinas Sosial, juga Bapeda Provinsi Jawa Barat,” tambah Setiawan.

Selain itu, dirinya pun berkoordinasi dengan Sekda Kota dan Kabupaten Bekasi untuk mengetahui perkembangan kondisi ketinggian banjir maupun warga terdampak banjir.

“Tolong report yang ada di lapangan posisinya seperti apa, misalnya apa saja yang sudah dilakukan, apa saja yang kurang, dan apa saja yang dibutuhkan,” kata Setiawan.[YAN]

Pin It

Comments are closed.