Jenazah Gus Sholah Dimakamkan di Kompleks Pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng

Kenangan Sandiaga Uno saat membesuk KH Shalahuddin Wahid ketika menjalani perawatan di RS Harapan Kita pada 12 Januari 2020 lalu. [POSBEKASI.COM/Dok.Sandi Uno]

POSBEKASI.COM | JAKARTA – Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, KH Shalahuddin Wahid atau Gus Sholah mengembuskan nafas terakhir di RS Harapan Kita, Jakarta. Rencananya, jenazah akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng, Senin (3/2/2020). Jenazah Gus Sholah akan dimakamkan di sebelah makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Menurut putra almarhum, Irfan Asy’ari, jenazah akan diterbangkan ke Jombang, Jawa Timur pada Senin sekitar pukul 09.00 WIB. Jenazah Gus Sholah akan dibawa dengan menggunakan pesawat Hercules.

“Jam 09.00 WIB ke Bandara Halim, akan dibantu Panglima TNI, jenazah menggunakan Hercules kami ke sana (Jombang) mendarat jam 11.00 WIB,” ujar Irfan kepada wartawan, Ahad (2/2/2020).

Sebelumnya, putra almarhum yang disapa Ipang Wahid ini menjelaskan, kesehatan Gus Sholah menurun sejak dua minggu lalu. Saat itu, Gus Sholah mengalami gangguan di organ jantung.

“Ada keluhan ritme jantung yang tidak beraturan,” ujar dia.

Tim dokter yang merawat Gus Sholah melakukan ablasi atau operasi untuk mengatasi gangguan irama jantung atau aritmia dengan menggunakan kateter yang dimasukkan ke dalam ruang dalam jantung

“Dilakukanlah ablasi semacam kateter untuk mengisolir elektromagnetik liar,” ucap Irfan.

Sebelumnya, kabar meninggal dunianya Gus Sholah resmi disampaikan Irfan.

“Gus Sholah baru saja wafat, pada pukul 20:55. Mohon dimaafkan seluruh kesalahan. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu…,” tulis Irfan.

Keteladanan Gus Sholah

Sementara, Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan terkejut mendapat khabar duka meninggalnya Gus Sholah.

“Innalillahi wainnailaihi rojiun. Selamat jalan, KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah). Jujur saya masih terkejut karena baru 2 minggu yang lalu tepatnya tanggal 12 Januari kami bertemu, dan beliau kondisinya sudah jauh membaik,” ucap Sandi menyampaikan duka citanya kemaren.

“Bahkan kita merencanakan banyak hal, salah satunya ingin menanamkan jiwa entrepreneurship kepada para santri di seluruh Indonesia sehingga para santri ini bukan hanya sekedar bisa mencari kerja tapi juga mampu menciptakan lapangan kerjanya sendiri,” tambah Sandi.

“Terima kasih Gus Sholah atas keteladanan dan juga atas segala nasihat yang selalu engkau berikan dalam setiap pertemuan. Semoga Gus Sholah husnul khotimah, diterima segala amal ibadahnya dan diampuni segala dosanya. Aamiin ya rabbal alamin,” ucap calon Wakil Presiden pada Pemilu 2019.

Sumber : Transindonesia.co

Pin It

Comments are closed.