posbekasi.com

DPR Terima Surpres Idham Aziz Calon Kapolri

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis.[DOK]

POSBEKASI.COM | JAKARTA – DPR RI menyatakan telah menerima surat Presiden (Surpres) terkait jabatan Kapolri yang ditinggalkan Jenderal Tito Karnavian karena dipilih menjadi Menteri Dalam Negeri. Komisaris Jenderal Idham Aziz tertera sebagai pengganti Tito dalam surat tersebut.

“Masuk ke DPR dan setelah Komisi III terbentuk akan di-fit and proper test. Iya benar, Pak Idham Aziz,” kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad saat dikonfirmasi, Rabu (23/10).

Idham saat ini menjabat sebagai Kepala Bareskrim Polri. Jenderal Bintang Tiga itu sebelumnya pernah menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

Dilansir Republika.co.id, Dasco menjelaskan, sebelum dilantik sebagai Kapolri baru, Idham akan menjalani fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi III (Hukum) DPR RI. Idham rencananya akan diuji pekan depan.

“Ya nunggu komisi 3 disepakati dulu. Kan Komisi III baru minggu depan, setelah itu ya langsung kita adakan fit and proper test,” ujar Dasco.

Sementara ini, untuk mengisi kekosongan jabatan Kapolri yang ditinggalkan Tito, Wakapolri Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto akan menjadi Plt. Kapolri.

Seperti diketahui, Tito Karnavian menjadi salah satu tokoh yang dipanggil Jokowi ke Istana untuk menduduki posisi menteri. Meski saat awal kehadiran Tito di Istana pada Senin (21/10) sempat malu – malu, Tito ternyata dipilih sebagai Mentdagri, posisi yang sebelumnya ditempati oleh Politikus PDIP Tjahjo Kumolo.[ROL]

BEKASI TOP