posbekasi.com

Warga Pesisir Karawang Korban Tumpahan Minyak Pertamina Terima Kompensasi Rp900 Ribu per Bulan

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan Vice President Relation Pertamina Hulu Energ Ifki Sukarya pada pemberian tahap pertama korban tumpahan minyak, Rabu (11/9/2019). [IST]
POSBEKASI.COM | KARAWANG
Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) mencairkan kompensasi tahap pertama untuk korban terdampak tumpahan minyak Pertamin di wilayah pesisir Karawang, Rabu (11/9/2019).

IVice President Relation Pertamina Hulu Energi, Ifki Sukarya menyatakan besaran kompensasi setiap warga yang terdampak langsung tumpahan minyak mendapat kompensasi senilai Rp900 ribu per bulan.

“Dalam pencairan kompensasi awal ini, Pertamina membayarkan untuk periode Juli dan Agustus 2019,” kata Ifki seperti dikutip dari Diskominfo Kabupaten Karawang, Jumat (13/9/2019).

Menurutnya, besaran kompensasi tersebut sesuai dengan hasil koordinasi rapat pemangku kepentingan. Besaran kompensasi, adalah hasil survei Tim Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) IPB sebagai konsultan akademik dan disepakati oleh Tim Kejaksaan Agung, BPKP, KKP, KLHK, SKK Migas, MUI Jabar dan Kepala Dinas di tujuh kabupaten dan kota pada 9-10 September 2019.

Mekanisme pembayaran kompensasi tahap awal melibatkan Himpunan Bank Negara (HIMBARA), yaitu Bank Mandiri, BNI, dan BRI yang dilaksanakan mulai hari ini. Pembayaran tahap awal ini untuk warga Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya dan Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya.

“Secara berkelanjutan pembayaran akan dilakukan di area terdampak lainnya,” kata Ifki.

Sementara, Bupati Karawang Hj. Cellica Nurrachadiana mengimbau masyarakat terdampak tumpahan minyak Pertamina untuk tenang. kompensasinya untuk warga.

Bupati mengatakan, Pemkab Karawang mengapresiasi itikad Pertamina dalam percepatan pemberian kompensasi tahap pertama ini,

“Ini tentu atas kerjakeras bersama Pemerintah Kabupaten, PHE ONWJ dan semua instansi sehingga pemberian kompensasi tahap pertama ini dapat berlangsung lancar,” kata Cellica mengapresiasi itikad Pertamina dalam percepatan pemberian kompensasi tahap pertama di Kantor Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Rabu (11/9/2019).

Bupati menambahkan, selama ini warga terus mendukung dan membantu PHE ONWJ dalam penanganan insiden ini, terutama untuk pembersihan ceceran minyak.[DIN/POB]

BEKASI TOP