Sejarawan : Lebih Tepat Jika Bekasi Gabung ke Jakarta

Sejarawan LIPI Asvi Marwan Adam

POSBEKASI.COM | JAKARTA – Sejarawan LIPI Asvi Marwan Adam menyatakan bahwa Kota Bekasi memang pernah menjadi bagian dari Jakarta.

Menanggapi wacana penggabungan Kota Bekasi ke wilayah DKI Jakarta, Asvi menjelaskan bahwa berdasarkan aspek sejarah, wilayah Kota Bekasi memang pernah menjadi bagian dari Kewedanan Jatinegara pada masa kolonial Belanda.

“Hal ini berbeda dengan Kota Depok, dimana wilayah ini dahulu adalah bekas tanah partikelir dan menjadi sebuah kecamatan dari Kabupaten Bogor,” terang Asvi di kawasan Menteng, Jakpus pada Sabtu (24/8/2019).

Maka dari itu, menurut Asvi alasan Walikota Bekasi Rahmat Effendi yang lebih memilih bergabung bersama Jakarta dibandingkan provinsi Bogor Raya memang sudah tepat dari sisi historis mereka.

“Selain sisi historis, keuntungan lainnya adalah pengurusan administrasi yang lebih dekat, lalu juga dari sisi pendapatan daerah jelas lebih besar di Jakarta,” imbuhnya.

Sebelumnya dikabarkan Walikota Bogor Bima Aria mengusulkan pemekaran Provinsi baru yakni Bogor Raya yang terdiri dari Kabupaten Bogor, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Cianjur, Depok, Kota Bogor, Karawang, dan Subang.

Namun wacana tersebut mendapatkan penolakan dari Walikota Bekasi Rahmat Effendi yang lebih memilih agar Kota Bekasi bergabung menjadi wilayah DKI Jakarta.

 

Sumber : Dakta

Pin It

Comments are closed.