Workshop Wirausaha HMI, Bupati Cellica : Tidak Ada Kata Terlambat Memulai Usaha

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana pada acara Workshop Kewirausahaan Gerakan Nasional 1500 Wirausaha HMI Karawang, di Aula Husni Hamid, Kamis (25/7/2019).[IST]

POSBEKASI.COM | KARAWANG – Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengatakan sangat penting hadirnya wirausaha muda dalam konteks perkembangan ekonomi Indonesia khususnya para mahasiswa.

“Nantinya mereka setelah meninggalkan bangku kuliah diharapkan bisa menjadi mandiri,” kata Cellica saat menghadiri Workshop Kewirausahaan Gerakan Nasional 1500 Wirausaha Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Karawang dengan tema “Menghadapi dan Memenangkan Persaingan Global Masyarakat Ekonomi Asean, di Aula Husni Hamid, Kamis (25/7/2019).

Menurut Cellica, setidaknya ada dua jalur karier yang akan ditempuh pascalulus kuliah, di antaranya menjadi pengusaha dan sebagai karyawan atau pegawai. “Pentingnya menanamkan kesadaran wirausaha sejak usia muda bukan tanpa alasan,” ujarnya.

Selain memiliki kesempatan luas mengembangkan usahanya, memulai usaha sejak masih muda dapat menumbuhkan sikap mandiri.

“Terlepas apa pun pilihannya, ketika menjadi seorang pengusaha, maka jadilah pengusaha yang berhasil. Begitu juga ketika memilih meniti karier sebagai seorang karyawan,” katanya.

Menurutnya ada tiga poin perlu disiapkan dalam entrepreneur yakni, permodalan, kemampuan dan market. Artinya, permodalan sebagai dasar dalam usaha untuk menyiapkan produk dan menjualnya. Kedua kemampuan, suatu usaha harus punya kemampuan dalam pengembangan usaha dan promosikan melalui media sosial atau sebagainya.

“Dan terakhir market. Produk yang sudah ada dapat di promosikan, sehingga masyarakat penasaran akan produk kita. Memulai usaha itu memang tidak ada kata terlambat, tapi sebaiknya itu harus dimulai sejak usia muda,” pungkasnya.[DIN/POB]

Pin It

Comments are closed.