Bawaslu Sebut Surat Suara Tercoblos di Malaysia Bukan Hoaks

Bawaslu RI.[DOK]

POSBEKASI.COM | JAKARTA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyatakan temuan surat suara yang tercoblos di di kawasan Bangi, Selangor, Malaysia, bukan merupakan informasi hoaks. Bawaslu tengah mengumpulkan dokumen alat bukti, data-data pengawasan mengenai temuan tersebut.

“Dari perbincangan yang ada ini dan laporan yang ada ini bukan hoaks, tapi kan harus diteliti surat suaranya asli atau tidak, apakah memang surat suara dari KPU atau bukan, kemudian di mana kejadiannya. Kan ada beberapa video, ada yang lagi nyoblos, itu dari pengawas yang sama atau tidak atau yang berbeda harus diteliti lagi,” kata anggota Bawaslu, Rahmat Bagja, Kamis 11 April 2019.

Saat ini kata Rahmat, tim Bawaslu sedang meneliti temuan dengan mengklarifikasi sejumlah pihak oleh Panwaslu Luar Negeri di Malaysia. Panwaslu Luar Negeri di Malaysia sudah melaporkan temuan ini ke Bawaslu RI. Namun, data konkret tentang berapa jumlah temuan surat suara yang tercoblos belum bisa dipastikan.

“Kami sedang melakukan pleno. Kita tunggu tindak lanjutnya apakah masih kondusif tidak pemungutan suara di Malaysia,” terangnya.

Sebelumnya, beredar video tentang penggerebekan lokasi tempat penyeludupan surat suara pos di sebuah ruko di kawasan Bangi, Selangor, Malaysia.

Dalam video tersebut, disebutkan bahwa surat suara Pilpres sudah tercoblos untuk pasangan calon presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf dan surat suara pileg untuk Partai Nasdem dengan caleg Nomor urut 3 dengan nama Achmad.

“Barang-barang sudah dicoblos di Malaysia Selangor. Sudah dicoblos 01, Partai Nasdem Nomor 5, calegnya Nomor urut 3 namanya Ahmad. Kami harap KPU Indonesia membatalkan semua urusan tentang DPL Malaysia dari hari ini sampai tanggal 14 (April). Kalau tidak kami akan duduki KBRI,” ujar seorang pria dalam video tersebut sambil memperlihatkan surat suara yang sudah tercoblos. [TRS]

Pin It