Menaker: Milenial Bisa Menangkan Persaingan Revolusi Industri 4.0

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri kunjungi SMK Karya Guna I Kota Bekasi, Kamis 21 Maret 2019.[IST]

POSBEKASI.COM | KOTA BEKASI – Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri, mengatakan milenial tidak perlu khawatir persaingan di era revolusi industri 4.0.

“Kita akan tetap bisa survive selama tahu dan bisa mempraktikkan kiat yang tepat,” kata Hanif kepada pelajar SMK Karya Guna I Kota Bekasi, Kamis 21 Maret 2019.

Menurut Hanif, meskipun era evolusi industri 4.0 akan banyak bidang-bidang pekerjaan yang diambil alih mesin, bahkan robot, tenaga kerja manusia masih akan tetap diperlukan.

“Tapi tenaga kerja yang diperlukan ini juga terbatas, sehingga kita tetapi harus mempersiapkan diri sebaik mungkin,” ujarya.

KLIK : Ketua PMI Kecamatan se Kota Bekasi Dilantik

Sesuai teori evolusi Charles Darwin bisa bertahan kata Hanif, bukanlah mereka yang kuat, tapi mereka yang mampu merespon perubahan dengan beradaptasi yang bisa bertahan.

Untuk itu sikap responsif diperlukan di era revolusi industri 4.0 ialah dengan selalu meng-upgrade kemampuan diri agar selalu tetap relevan dengan dengan perkembangan dan perubahan zaman.

“Untuk siswa SMK, jangan lantas merasa aman meski telah memiliki keahlian. Karena bisa saja keahlian yang dikuasai itu tidak lagi relevan di masa kini atau nanti. Sebaiknya terus meningkatkan keterampilan juga keahlian agar selalu relevan dengan perkembangan yang ada di zaman apapun,” ungkapnya.[MIN/POB]

Pin It