Cyber Bareskrim Polri Tangkap Bagus Suara Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos

Direktur Tindak Pidana Cyber Bareskrim Brigjen Pol Rachmad Wibowo, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal, dan Kapuslabfor Polri Kombes Pol M Nuh Al Azhar, pada konferensi pers di Bareskrim Mabes Polri, Rabu 9 Januari 2019.[IST]

POSBEKASI.COM | JAKARTA – Cyber Bareskrim Polri berhasil mengidentifikasi suara Bagus Bawana Putra yang viral di media sosial penyebar hoaks 7 kontainer berisi surat suara Pemilu 2019 tercoblos di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dengan metode audio forensik

“Suara videonya viral dikenali dan diidentifikasi dengan metode audio forensik sebagai suara Bagus Bawana Putra. Bisa dideteksi di beberapa platform medsos, suara berasal tersangka Bagus Bawana Putra dan setelah viral menutup akun, membuang handphone, dan kartunya. Semua barang bukti tersebut kami temukan tanggal 7 Januari, di Sragen,” kata Direktur Tindak Pidana Cyber Bareskrim Polri Brigjen Pol Rachmad Wibowo dalam konferensi pers di Bareskrim Mabes Polri, Rabu 9 Januari 2019.

Kapuslabfor Polri, Kombes Pol M Nuh Al Azhar, mengungkapkan metode audio forensik suara yang viral di media sosial dapat terdeteksi pemilik suaranya siapa. “Ini salah satu metode yang digunakan audio forensik. Kita coba apakah suara dari Bagus Bawana Putra. Tingkat kesamaan suara Bagus dan dengan suara perbanding sama. Jadi sangat kuat mendukung identik suara milik tersangka,” ungkapnya.

Metode audio forensik juga mendapatkkan suara dengan audioregma menimal rasio 10 detik.  “Kalau kurang 10 detik, kita tak bisa lacak. Minimal 10 detik, kita bisa dapatkan sidik jari suara,” jelasnya.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal, menyatakan pihaknya berhasil menangkap Bagus Bawana Putra setelah sempat melarikan diri ke daerah Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

“Bagus diduga membuat voice chat soal 7 kontainer tersebut hingga akhirnya menyebar. Setelah viral tersangka melarikan diri ke daerah Sragen dan kita tangkap,” katanya.

Selain Bagus kata Iqbal, pihaknya juga menangkap dua tersangka lainnya yakni, LS ditangkap di daerah Bogor, Jawa Barat, dan HY ditangkap di Balikpapan, Kalimantan Timur.[COK/POB]

Pin It

Comments are closed.