Polsek Taruma Jaya Minta Pemasangan Atribut Cakades Sesuai Aturan

Kapolsek Taruma Jaya AKP Agus Rohmat memberi pengarahan bersama Muspika Taruma Jaya kepada Panitia Pilakdes, BPD, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas, Jumat 27 Juli 2018.[IST]

TARUMAJAYA | POSBEKASI.COM – Kapolsek Taruma Jaya, Polres Metro Bekasi, AKP Agus Rohmat,SH, menyatakan perlunya sosialisasi kembali para calon kepala desa (Cakades) mengenai aturan pemasangan atribut guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami minta rekan-rekan Panitia Pilkades, BPD serta Plt Kades di lima desa wilayah Kecamatan  Taruma Jaya, Kabupaten Bekasi, yang menggelar Pilkades perlu dilakukan sosialisasi dan kesepakatan kembali dengan para Cakades dan tim pendukungnya mengenai aturan pemasangan atribut. Begitu juga pemasangan atribut Cakades di depan rumah warga harus seijin pemilik rumah. Hal ini berkaca pada kejadian di Desa Segara Jaya agar tidak terulang kembali,” pinta AKP Agus Rohmat, saat memberi pengarahan dihadapan jajaran Muspika Taruma Jaya kepada Panitia Pilakdes 2018, BPD, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas, di Aula Kantor Cama Taruma Jaya, Jumat 27 Juli 2018.

Khusus untuk Pansel Pilkades Segara Jaya lanjut AKP Agus Rohmat, agenda Rapat Akbar melibatkan Cakades agar dibahas ulang mengingat akan mendatangkan masa diharapkan dapat diganti dengan kegiatan berupa bhakti sosial (baksos).

“Rencana kampanye Rapat Akbar yang mendatangkan massa sebaiknya diganti dengan baksos yang saya nilai lebih bermanfaat besar bagi warga sekitar,” pintanya.

Selain itu, AKP Agus memaparkan evaluasi penetapan dan pengambilan nomor urut Cakades periode 2018-2024 masih banyak kekurangan hingga dapat disempunakan guna kelancaran Pilkades khususnya di wilayah Taruma Jaya.

“Kemaren menjadi pelajaran buat kita bersama, masih banyak kesepakatan yang dibuat antara Pansel dengan para Cakades dan tim sukses yang tidak sepenuhnya dilaksanakan, sehingga salah satu kejadian di Desa Segara Jaya menjadi temuan yang membludaknya masa dan penggunaan alat pengeras oleh masing-masing Timses Cakades mengakibatkan memanaskan situasi saling ejek antar pendukung. Ke depan kita minta ini tidak terulang lagi,” ujarnya.

Suksesnya pelaksanaan Pilkades kata mantan Kapolsek Setu ini, ada ditangan Panitia dan BPD sebagai pengawas harus bersikap netral.

“Panitia dan BPD harus bersikap netral, jangan sampai menjadi pendukung salah satu Cakades. Begitu juga keterlibatan Plt Kades agar bisa menjaga barang-barang inventaris dan aset desa sampai selesainya Pilkades. Setiap temuan dalam Pilkades diusahakan diselesaikan tingkat panitia, jangan sampai mencuat smpai ketingkat Pemda (DPMPD),” terangnya.

KLIK : Polsek Taruma Jaya Beri 3 Pengawal Tiap Cakades

Terakhir AKP Agus Rihmat menyatakan penanganan Pilakdes baik berupa temuan di media sosial (medsos) maupun temuan lainnya bisa diselesaikan tingkat Panitia Pilkades. “Apapun temuan atau pemasalahan baik itu di medsos dapat diselesaikan secara musyawarah dan mufakat terutama yang mengerahkan masa banyak, panitia diminta melibatkan Babinsa dan Bimaspol agar pengamanan lebih kondusif lagi,” tutupnya.

Sementara, Danramil Taruma Jaya Kaptain Inf.Sarwono menyampaikan arahan kegiatan kali ini untuk mengingatkan kembali agar pelaksanaan Pilkades dapat berjalan dengan aman.

”Kunci sukses Pilkades ada pada panitia, meskipun panitia juga memiliki hak pilih, namun dalam hal pelaksana Pilkades panitia harus netral, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas juga harus netral,” ujarnya.

Sedangkan Camat Taruma Jaya Drs.Dwi Sigit Adrian,MM, menyampaikan amanat Bupati Bekasai agar panitia Pilakdes melaporkan pada BPD selanjutnya BPD melaporkan pada Bupati.

“Meskipun BPD yang baru terbentuk harus bisa segera beradaptasi melakukan tugas BPD. Lakukan inventarisir barang-barang dinas dan laporkan ke Bupati,” katanya.

Masalah kerawanan lanjutnya, adanya Cakades incumbent yang gagal tes seleksi merupakan kerawanan tersendiri.

“Dalam pilkades ini tidak hanya TNI-Polri yang netral namun juga panitia dan BPD harus netral. Panitia jangan underestimate atau menggampangkan segala temuan masalah Pilkades, segera lakukan koordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa untuk dapaat diselesaikan,” ungkapnya.[JAL/POB]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *