Bekasi Online

Pejabat Walikota Bekasi Pimpin Upacara Bendera Harla Pancasila ke 73

Pj.Walikota Bekasi Ruddy Gandaksumah membacakan sambutan Presiden Joko Widodo pada upacara peringatan hari lahir Pancasila ke 73 di Kota Bekasi, Jumat 1 Juni 2018.[IST]
BEKASI, POSBEKASI.COM –  Memperingati hari lahir (harla)Pancasila ke 73 Tahun 2018, Pemerintah Kota Bekasi mengadakan upacara pengibaran bendara merah putih, Jumat 1 Juni 2018.

Upacara bendera ini diselenggarakan di plaza halaman Kantor Walikota Bekasi, Jalan A.Yani No 1 pada pukul 07.30 WIB.

Bertindak selaku Pemimpin Upacara, Pj.Walikota Bekasi, Ruddy Gandaksumah, serta komandan upacara pada upacara peringatan hari lahir pancasila ke 73 ini, sekretaris camat ( sekcam) Kecamatan Pondok Melati, Andi Frengky.

Upacara dihadiri para pejabat dan ASN Pemkot Bekasi, jajaran Polri, TNI, dan berbagai organisasi kemasyarakatan (ormas)

Hadir pula dalam upacara peringatan hari lahir pancasila ini ke 73, Dandim 0507/ Bekasi, Kepala Kejaksaan Kota Bekasi, Wakapolrestro Bekasikota, perwakilan Pengadilan Negeri Bekasi serta pejabat easlon II dan III di lingkungan Pemkot Bekasi.

Dalam upacara tersebut, Pj.Walikota Bekasi, Ruddy Gandakusumah yang juga membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo dalam rangka upacara peringatan hari lahir Pancasila ke 73.

Dalam isi sambutan tersebut dijelaskan bahwa Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

Adalah jiwa besar para Founding Fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

KLIK : Pemko Bekasi Ujudkan Zero Peredaran Miras

Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong.

Komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat. Berbagai upaya terus kita lakukan. Telah diundangkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembina Ideologi Pancasila.

Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program pembangunan. Pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya, menjadi bagian integral dari pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Diakhir pembacaan sambutan Presiden RI, Joko Widodo, Pj. Walikota Bekasi mengatakan Melalui momentum Peringatan Hari Lahir Pancasila ini, masyarakat Indonesia diharapkan dapat menghayati dengan mendalam makna Kesatuan dan Persatuan, saling menjaga toleransi antar sesama, serta saling memahami, saling menghormati bersepakat dalam mencapai cita-cita bangsa,” tandas Ruddy.[adv/humas]

BEKASI TOP