posbekasi.com

Rem Blong… Alasan Sakti Penghalang Zero Accident

Mobil box terguling biang macet keluar Tol Cikarang Barat lamban ditangani petugas hingga macet mengular.[RIK]
POSBEKASI.COM – Oleh: Chryshnanda Dwilaksana

Kecelakaan dengan korban cukup besar terjadi berulang dan berulang. Keterangan rem blong. Kendaraan bus atau truk seringkali mengalami kecelakaan lalu lintas yang merenggut nyawa penumpang atau pengguna jalan lainya dikarenakan remnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Beberapa faktor yang menjadi penyebab rem blong adalaha:

  1. Kendaraan tidak laik jalan namun terus saja dioperasionalkam
  2. Kendaraan produk modifikasi/ditambah atau dirubah rubah mesin maupun dimensinya yang dilakukan karoseri atau bengkel yang tidak terkontrol standar kualitas keselamatannya.
  3. Kendaraan yang over load/lebih muatan
  4. Kualitas transmisi yang menggunakan barang-barang second/bekas atau tiruan/kwalitas rendah
  5. Pengemudi yang tidak memiliki pengetahuan atau ketrampilan tentang keselamatan berkendara
  6. Situasi alam atau jalan yang berliku, turunan tajam atau jalanan tidak memenuhi standar safer road
  7. Pengusaha yang tidak peduli akan keselamatan hanya memikirkan keuntungan sesaat dan membiarkan kendaraanya dioperasionalkan dengan melanggar ketentuan
  8. Masyarakat yang menjadi pelanggan juga tak jarang memaksakan atau membiarkan barangnya diangkut dengan cara-cara yang melanggar standar kesempatan
  9. Penegakkan hukum yang parsial dan masih sebatas pengemudi yang dikenai beban atau tanggung jawab

Setidaknya, 9 point di atas merupakan hal-hal yang perlu menjadi perhatian dalam menangani rem blong.

Rem blong bisa dianalogikan sebagai serangan jantung. Namun apa penyebab serangan jantung sering diabaikan bahkan tidak pernah tertangani.

KLIK : Waraskah Sepeda Motor Sebagai Angkutan Umum?

Masalah kendaraan bermotor untuk angkutan umum baik orang maupun barang keur atau uji kelaikan beroperasionalnya kendaraan tidak hanya sebatas diberi stiker atau pemeriksaan manual yang sekenanya dan seadanya.

Yang berkaitan dengan sistem perawatan dan  penggunaan spare partnya pun perlu adanya sistem pengawasan dan cek kualitas bengkel maupun karoseri. Merekapun bertanggung jawab atas perubahan dimensi, mesin maupun transmisinya.

Demikian halnya pada sistem bisnis kendaraan second/bekas riwayat perawatannya menjadi syarat utama yang bisa saja di rangking per jenis merk kendaraan. Dengan demikian masyarakat tidak terjebak atau asal harga murah namun standar safetynya rendah.

Penegakkan hukum dapat dibangun sistem de merit untuk perpanjangan ijin usaha maupun perpanjangan STNK maupun TNKB. Para jaksa maupun hakim pun tidak serta merta lepas tangan bukan urusan saya.

Menindak dengan besaran denda yang membuat orang berpikir 5 kali apabila denda yang dijatuhkan 3x lipat keuntungan dari bisnis ilegal atau over load.

Sistem data yang terpadu dalam big datapun akan memdukung implementasi safer vehicle, safer road dan safer road users.

Di sinilah perlunya road safety centre untuk peduli menyuarakan standar road safety yang masih banyak diabaikan. Tatkala rem blong masih jadi jawaban/alasan sakti dan sebagai kambing hitam malah jangan harap road safety akan tercapai dalam menuju zero accident.[]

BEKASI TOP