Bekasi Online

KPU Bakal Sosialsiasi Pilkada Serentak di Lokasi Mudik

Komisi Pemilihan Umum

BEKASI, POSBEKASI.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi meminta KPU RI berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat berkaitan dengan jadwal pencoblosan pada 27 Juni mendatang. Pasalnya, agenda pencoblosan sangat berdekatan dengan waktu libur panjang Idul Fitri.

Komsioner KPU Kota Bekasi Syafrudin khawatir pelaksanaan Pilwalkot Bekasi akan mengalami penurunan animo masyarakat untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

Pasalnya, waktu pencoblosan diprediksi tidak diikuti oleh sebagian masyarakat yang tengah menjalani mudik lebaran. Karena itu, lembaganya meminta ada perubahan libur. “Sudah kami ajukan ke KPU RI, seperti rekomendasi perubahan jadwal libur,” ujar Syafrudin.

KLIK : KPU Genjot Warga Datang ke TPS

Perubahan jadwal libur panjang yang dimaksud Syafrudin, pergantian dengan memperpanjang agenda libur sebelum perayaan Idul Fitri.

Sementara, pasca Idul Fitri diperpendek. Dengan rekayasa itu, masyarakat Kota Bekasi yang tengah pulang kampung memiliki rencana waktu luang untuk mendatangi TPS.

Syafrudin menjelaskan pelaksanaan pencoblosan kali ini menjadi tantangan tersendiri. Terlebih, KPU Kota Bekasi menargetkan partisipasi publik mencapai 70 persen. Target ini cukup tinggi mengingat partisipasi masyarakat Kota Bekasi pada pesta demokrasi sebelumnya cukup lesu.

KLIK : Besok KPU Kota Bekasi Tetapkan DPS Pilkada Serentak

Pada Pilwalkot Bekasi 2012, partisipasi hanya mencapai 49 persen. Pilgub Jawa Barat 2013 mencapai 43 persen. Pileg 2014 tembus 68 persen, dan Pilpres 2014 mencapai 60 persen. “Kami targetkan 70 persen bisa tembus,” tegas dia.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Bekasi Icu Asmara Sandi mengatakan lembaganya akan menyosialisasikan Pilwalkot Bekasi di lokasi mudik. Mulai dari Stasiun Bekasi hingga Terminal Induk Kota Bekasi. Sosialisasi ini agar masyarakat yang akan pulang kampung mengingat pelaksanaan Pilwalkot Bekasi 2018.”Supaya mereka tidak lupa jika setelah libur panjang ada Pilwalkot Bekasi,” katanya.[MET/POB]

BEKASI TOP