Dana Pengamanan Pilgub dan Pilkades Serentak 2018 di Kabupaten Bekasi Rp6,8 M

Pemkab dan Muspida Bekasi menggelar Rakor Pilgub Jabar dan Pilkades.[IST]

POSBEKASI.com, CIKARANG – Menyongsong kesiapan penyelenggaraan Pilgub Jabar dan Pilkades serentak tahun 2018, Pemkab Bekasi menggelontorkan Rp6,8 miliar untuk pengamanan.

Sekda Kabupaten Bekasi H.Uju, mengatakan rakor memfokuskan membahas dan memantapkan dukungan secara maksimal kepada KPU dan Panwaslu mensukseskan Pilgub Jabar.

“Saya harapkan semua unsur untuk menciptakan dan terwujudnya Pilgub serta Pilkades serentak tahun 2018 dapat berjalan lancar, aman, tentram, dan damai, sehingga menciptakan suasana kondusif dan untuk PNS netralitas harus di jaga,” katanya pada saat menggelar rapat kordinasi dengan para stakeholder terkait,  Selasa 27 Fbeuari 2018.

Sementara, Ketua KPU Kabupaten Bekasi Idham Kholik, berharap selama proses penyelenggara kampanye tidak ada praktik politik uang, karena berkolerasi positif terhadap perilaku pemilih pada Pemilu 2019.

“Mudah-mudahan penyelenggaraan pemilihan kepala desa di 154 desa ini dapat berjalan lancar tanpa adanya politik uang, karena hal ini semakin minimnya praktek politik uang itu menjadi indikator semakin matangnya demokrasi Indonesia khusunya di Kabupaten Bekasi,” katanya.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Ahmad Kosasih, mengatakan pada Pilkades ada titik-titik rawan yang harus disikapi seperti adanya pencalonan yang lebih dari 5 calon sehingga dibutuhkan tahapan seleksi.

Jika ada yang tidak lolos atau pengguguran calon yang tidak memenuhi syarat (TSM) melalui tim independen kabupaten bisa menimbulkan kerawanan.

“Yang rawan pada Pilkades kali ini karena dibatasi hanya 5 calon setiap desanya, jika lebih dibutuhkan seleksi yang nanti yelah di bentuk tim seleksi independen dari kabupaten,” ujarnya.

Untuk anggaran pengaman telah disipakan sekitar Rp6,8 miliar. “Untuk keamanannya, pihak pemerintah daerah telah menggandeng Polri dan TNI untuk mengamankan wilayah saat Pilkades. Anggarannnya telah dipersiapkan, untuk Polri sebesar Rp5 miliar dan Rp1,8 miliar untuk TNI,” katnya.[MET/POB]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *