posbekasi.com

BI dan Pemkab Bandung Kembangkan Komoditas Bawang

Kabupaten Bandung kembangan komoditas bawang.[IST]
POSBEKASI.COM, KABUPATEN BANDUNG – Bupati Bandung H. Dadang M Naser, menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI)  Provinsi Jawa Barat dan Universiitas Pasundan tentang Program pengembangan agribisnis pertanian komoditi bawang merah di Kabupaten Bandung, yang dilakukan di Kampung Cikawari, Desa Mekarmanik Kecamatan Cimenyan, Selasa 30 Januari 2018.

Bupati menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bank Indonesia yang mempunyai kepedulian terhadap masyarakat petani Kabupaten Bandung. Menurutnya MoU tersebut akan memberikan manfatkan ekonomi yang lebih baik untuk meningkatnya perekonomian masyarakat. Dengan MoU ini dapat terjadi transfer peningkatan komoditi mengenai pengembangan bawang bagi para kelompok tani.

Kabupaten Bandung ini merupakan sentra penghasil bawang merah ke empat di Jawa Barat,  setelah Majalengka, Cirebon dan Garut. Dengan rata rata panen pada tahun  2016 yang mencapai 121 kwintal / hektar.

Selain pemberdayaan petani, peningkatan ekonomi masyarakat dan pengembangan komoditas bawang merah, lanjut Bupati, potensi agribisnis lain di Kabupaten Bandung sangat berpotensi untuk dilakukan pengembangan pula, seperti kentang, wortel atau sayuran lainnya.

“Semoga dengan kerjasama selama 3 tahun nanti, selain  meningkatkan produksi, kemampuan petani-petani, bahkan pengadaan produksi bawang merah untuk kebutuhan lokal maupun permintaan pasar di Kabupaten lain bisa terpenuhi,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BI Jabar Med Tri Hanggono Achmad menerangkan bahwa pembangunan Cluster Bawang Merah tersebut merupakan bagian dari upaya BI untuk pengendalian inflasi dan juga pemberdayaan masyarakat, khususnya di Kabupaten Bandung.

“Jadi, pihak BI ingin bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Bandung dalam bentuk pengembangan Cluster bawang merah. Ini yang pertama kita lakukan di jabar, dan  bukan mendadak tapi sudah kita rencanakan.

Ternyata di sini cukup prospektif kita tanami  bawang merah. Iklimnya juga mendukung, sehingga lanjutnya  keputusan  bersama dengan pihak Pemkab Bandung dan Unpad (Universitas Padjajaran),  ” imbuh Med Tri Hanggono.

Dia mengungkapkan, wilayah Cimenyan akan dijadikan pilot project untuk pengembangan bawang merah. Tidak hanya produksinya saja sebagai bawang merah tapi nantinya akan dikembangkan untuk olahan lainnya berbahan bawang merah, “ siap saji siap pakai seperti Brebes,” ungkapnya.

Dia menandaskan, support yang diberikan BI selain pengembangan kluster  selama 3 tahun untuk kelompok tani, akan dilakukan juga pemberian bibit, pupuk, alat-alat pertanian, akan dilakukan juga pendampingan pada petani oleh pihak Unpad, bagaimana cara menanam, mengelola, hingga komoditas ini berkembang dengan baik. “Sedangkan untuk pengembangan nya, kali ini kita akan tanam di tanah seluas 5 hektar, tapi nanti akan bertambah terus untuk bisa ditanami di sekitar Cimenyan,” pungkas dia.[REL/POS4]

BEKASI TOP