Bekasi Online

Ini Tugas dan Bantuan Satgas Lancar Polrestro Bekasi Selama Arus Mudik

Kapolrestro Bekasi Kombes Pol Asep Adisaputra (kedua kiri) bersama Waka Polda Metro Jaya saat mengecek kesiapan pos pengamanan arus balik, Rabu 28 Juni 2017.[FRD]
POSBEKASI.COM – Tak terasa hari kemenangan ibadah puasa selama satu bulan kita lewati, begitu juga situasi arus mudik lebaran tahun 2017 ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan yang sangat berarti dan semua itu tidak akan datang secara tiba-tiba tanpa ada peran serta dan upaya dari anggota dilapangan yang tergabung dari anggota Polri, TNI dan Instansi terkait.

16 Juni 2017, Polres Metro Bekasi telah membentuk sebuah Satgas yang dinamakan “Satgas Lancar”,  terdiri dari anggota Sat Lantas dan Sabhara. Satgas Lancar ini dibentuk dan dipersiapkan Kapolrestro Bekasi Kombes Pol Asep Adisaputra, untuk membantu kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas bagi pengendara selama arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri 1437 H.

Filosofi dibentuknya “Satgas Lancar Polrestro Bekasi”, sesuai namanya yaitu, untuk membantu kelancaran arus mudik dan arus balik lebaran 2017 dengan memberikan berbagai pelayanan dan bantuan.

Selain itu, petugas yang tergabung dalam tim “Satgas Lancar Polrestro Bekasi” juga memberikan informasi mengenai situasi lalulintas dari dan ke tempat yang dituju oleh pemudik. Selain membantu dan menciptakan kelancaran arus lalulintas pada arus mudik dan arus balik lebaran 2017 juga untuk meningkatkan citra Polri sebagai public trust atau untuk meraih kepercayaan masyarakat.

Kombes Pol Asep Adisaputra, menyatakan tugas pokok “Satgas Lancar” adalah untuk membantu pemudik atau masyarakat yang dalam perjalanannya memerlukan bantuan mulai dari, kempes ban, kehabisan BBM, dan mesin yang bermasalah selama perjalanan.

Satgas Lancar juga menyiagakan mobil derek dan mobil ambulance di Parking Bay KM 18 yang sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat. Sedangkan di KM 29 dan KM 33 ada personil “Satgas Lancar” yang stand by.

Personil Satgas Lancar juga harus bersikap quick respond atas laporan masyarakat jika terjadi gangguan dalam perjalanan baik pada arus mudik maupun arus balik. Satgas Lancar memiliki tanggung jawab sebagai anggota Polri untuk memberikan rasa aman dan rasa nyaman terhadap masyarakat.

Satgas Lancar juga memiliki fungsi sebagai pengurai kemacetan dan penentu pemberlakuannya kontra flow, dan melakukan pengamanan sebagai bentuk antisipasi bila terjadi tindak kriminalitas di Jalan Tol Jakarta – Cikampek dengan melakukan penertiban dari pedagang asongan yang biasa berkeliaran di sekitar ruas tol.

Tak lepas dari memberikan arahan kepada pengguna jalan agar tidak berhenti sembarangan dibahu jalan hanya untuk tidur sejenak dan bila itu terjadi petugas akan memberikan himbauan dan pengawalan kendaraannya pada tempat yang telah disediakan dan pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak khawatir bila ada petugas Kepolisian yang menghampiri dan memberikan pelayanan selama perjalanan.

Satgas Lancar yng dilengkapi satu mobil derek, dua kendaraan roda dengan di awaki oleh tiga anggota yang terdiri dari (satu personil dari Satlantas dan dua personil Sat Sabhara). Dalam pelaksanaannya, setiap sepeda motor dibekali berbagai macam peralatan antara lain, dongkrak mobil, BBM (lima liter), corong BBM, senter, alat ganti ban mobil, power bank, jumper stroom dan P3K. Serta menyediakan mekanik, ambulans dan mobil derek gratis.

27 personil yang tergabung dalam Satgas Lancar disiagakan pada pos-pos Pengamanan pada Rest Area yang berlokasi di tiga titik yakni pada KM 18, KM 29, dan KM 33.

Sampai dengan hari ini Rabu 28 Juni 2017, personil Polri yang tergabung pada Satgas Lancar Polrestro Bekasi telah berhasil membantu para pengendara pada arus mudik maupun arus balik diantaranya menolong pengendara Rahardi yang kehabisan BBM di KM 25.400.

Petugas membantu menderek mobil tersebut ke bengkel terdekat  ke luar tol di kawal Satgas Lancar. Pengendara lainnya, Markus Isak yang mengalami kempes ban, Yohan Febriana yang mengalami kendaraannya mogok akibat ada masalah pada accu mobil dibantu dengan men-jumper kendarannya.

Semua itu bentuk dari pelayanan dan upaya penertiban lalu lintas dari Satgas Lancar untuk menghindari kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Pemberian bantuan ini juga merupakan bentuk kepedulian aparat kepolisian kepada masyarakat tanpa dipungut biaya ‘gratis’.

Dari data sampai saat ini, selama arus mudik dan arus balik diantaranya Satgas Lancar telah memberikan bantuan 7 kali pecah ban, 1 kali mengantar pemudik sakit dengan ambulance, 10 kali memberikan BBM msing-masing 5 liter, 1 kali pecah klaher, 4 kali jumper accu soak, 2 kali mengevakuasi mobil kejeblos, 2 kali radiator bocor, dan 2 kali kendala over heat.

Seluruh bantuan yang telah diberikan selama arus balik dan arus mudik lebaran tahun 2017 sebanyak 29 bantuan.

Satgas Lancar Polrestro Bekasi ini akan dipertahankan terutama pada saat libur panjang dan libur nasional guna membantu pemudik bahkan akan lebih ditingkatkan dalam pemberian pelayanan.

Dalam membantu masalah kerusakan pada kendaraan saat melewati jalan tol, masyarakat dapat menghubungi Call Center “0822 9999 1835” untuk di KM 18 dan Call Center “0822-9999-1836” untuk di KM 29 dan G.T. Cikarang Utama sedangkan Call Center “0822-9999-1837” untuk KM 33.

[Brigadir Farid Syaukhi – Humas Polrestro Bekasi]

4.

BEKASI TOP