Bekasi Online

Ditjen Pajak Jabar II Kumpulkan Amnesti Rp900 M

Uang
Uang

POSBEKASO.COM – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat II mengumpulkan amnesti pajak sebesar Rp900 miliar dari target yang ditetapkan sebesar Rp1,2 triliun hingga Maret 2017.

“Persentasenya setara 75 persen dari partisipasi wajib pajak pada periode pertama masa pengampunan pajak,” kata Kepala Kanwil DJP Jabar II Adjat Djatnika saat menggelar konferensi pers di Bekasi, kemaren.

Dikatakannya, antusiasme wajib pajak memanfaatkan masa amnesti terus menurun pada setiap periodenya karena masih banyak wajib pajak yang ragu-ragu berpartisipasi.

Dari data yang disampaikan Kepala Bidang Data dan Pengawasan Potensi Pajak Perpajakan Kanwil DJP Jabar II Witarto, pada periode pertama masa pengampunan pajak Juli-September 2016, uang tebusan yang berhasil terkumpul mencapai Rp689,97 miliar.

Pada periode kedua, Oktober-Desember 2016, perolehan tebusan anjlok hingga hanya terkumpul sebesar Rp159,74 miliar.

“Periode ketiga, baru masuk tebusan sebesar Rp50,83 miliar. Namun kami optimistis angkanya masih bisa meningkat hingga masa amnesti berakhir,” terangnya.

Dimana periode pertama, tebusan yang masuk sampai Rp98 triliun. Namun pada periode kedua perolehannya turun hingga ke angka Rp9,9 triliun dan pada periode ketiga ini baru Rp3,3 triliun tebusan yang masuk.

Sedangkan di level nasional, realisasi tebusan pajak selama masa amnesti baru tercapai 69 persen yang setara Rp115 triliun dari target yang ditetapkan sebesar Rp165 triliun.[MET]

BEKASI TOP