posbekasi.com

Limbah Industri Cemarkan Sungai Cilemahabang

Sungai Cilemahabang.[IST]
Sungai Cilemahabang.[IST]
POSBEKASI.COM – Perum Jasa Tirta (PJT) II Lemahabang, Kabupaten Bekasi, dengan tegas menyatakan pencemaran aliran sungai Cilemahabang berubah berwarna hitam dan mengeluarkan bau tak sedap akibat pembuangan limbah industri di kawasan hulu sungai daerah itu.

“Limbah industri cair dan padat telah mencemarkan suangai Cilemahabang,” kata Supervisor Sungai dan Irigasi PJT II Lemahabang, Suwanda Halim, Kamis 5 Januari 2017.

Dikatakannya, saat ini warga Kampung Tirta Agung, Desa Waluya, Kecamatan Cikarang Utara, mengeluh karen kondisi air sungai Cilemahabang berubah berwarna hitam pekat dan mengeluarkan bau tidak sedap.

“Untuk memastikan pencemaran, telah dilakukan uji sempel agar terungkap tingkat kandungan pencemarannya,” terangnya.

Pengujian ini menggunakan laboratorium Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Bekasi. Selain itu investigasi langsung dilakukan bersama BPLH.

Hasil uji sample terungkap, air pada aliran sungai terdapat kandungan logam, pewarna, dan juga kimia lainnya.

Dimana masyarakat sekitar hanya memanfaatkan air pada aliran sungai untuk keperluan mandi, cuci, dan juga memasak, pengairan sawah. “Ini sangat memprihatinkan, karena warga  menggunakan air sungai ini untuk keperluan minum bahkan dikonsumsi oleh anak kecil,” tuturnya.[RON]

BEKASI TOP