Bekasi Online

KPU Prioritaskan Fasilitas untuk Distabilitas pada Pilkada Bekasi

KPU Kabupaten Bekasi.[DOK]
KPU Kabupaten Bekasi.[DOK]
POSBEKASI.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, memprioritaskan pemiluh disabilitas dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 15 Februari 2017.

“Dalam pemilihan ini sudah disiapkan sejumlah fasilitas yang ditempatkan pada 183 desa yang berada di 23 kecamatan daerah setempat,” kata Komisioner KPU Kabupaten Bekasi, Novan Andry di Kabupaten Bekasi, Sabtu 12 Nopember 2016.

Dalam mempersiapkan hak ini kata Novan, pihaknya sudah meminta kepada petugas PPK dan PPS, agar fasilitas tempat pemungutan suara khusus disabilitas tidak berupa tangga yang dipasang diatas panggung.

“Agar penderita tunanetra dapat dengan mudah menuju kotak suara. Kemudian kotak suara diletakkan pada meja agar mudah tercapai bagi penyandang cacat,” katanya.

Dari data yang berhasil dihimpun ada lima jenis disabilitas yaitu tunanetra, tunadaksa, tunawicara, tunagrahita dan disabilitas lainnya, total 2.600 orang, sedangkan tunanetra sampai tunadaksa itu diantara angka 450 sampai 600 jiwa di Kabupaten Bekasi.[BEN]

BEKASI TOP