Bekasi Online

Tiap Bulan 5 sampai 10 Orang Terjangkit AIDS/HIV di Karawang

AIDS/HIV.[IST]
AIDS/HIV.[IST]
POSBEKASI.COM – AIDS/HIV tersebar 15 kecamatan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, masuk pada tahap mengkhawatirkan dimana 5-10 orang perbulan mengidap penyakit tersebut.

“Hampir setiap bulan petugas lapangan KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) melaporkan lima hingga sepuluh orang per bulan yang positif HIV/Aids,” kata salah seorang staf Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Karawang, Awan Gunawan, di Karawang, Sabtu 29 Oktober 2016.

Penyebebaran HIV/Aids memang sudah cukup mengkhawatrikan. Hingga kini akhir September 2016 terdapat 641 orang yang tercatat menderita HIV/AIDS.

KPA Karawang menduga jumlah penderita HIV/AIDS di daerah tersebut masih bisa lebih dari 641 orang itu. Sebab, masih banyak masyarakat yang malu-malu menyatakan dirinya positif HIV/AIDS.

Catatan KP setempat, penderita HIV/AIDS di Karawang didominasi laki-laki. Fenomena homoseksual turut memicu banyaknya kaum laki-laki yang menderita HIV/AIDS. Karena itu pihaknya akan memaksimalkan sosialisasi bahaya homoseksual itu.

Saat ini, kata Awan, penyebaran HIV/AIDS sudah menyebar di 15 kecamatan sekitar Karawang. Di antaranya di Kecamatan Karawang Barat, Klari, Telukjambe Timur, Banyusari, Ciampel, dan Kecamatan Cikampek.

Daerah lainnya ialah Kecamatan Cilamaya Wetan, Jatisari, Kutawaluya, Majalaya, Pakisjaya, Purwasari, Rengasdengklok, Telagasari dan Kecamatan Tirtajaya.[ANT/BEN]

BEKASI TOP