Bekasi Online

PON Belum Dongkrak Okupansi Bisnis Hotel

PON XIX Jabar 2016.[IST]
PON XIX Jabar 2016.[IST]
POSBEKASI.COM – Perhimpunan Hotel dan Restoran Kota Bekasi, menilai momentum Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 di wilayahnya belum berkontribusi maksimal mendongkrak okupansi bisnis hotel.

“Dari pengamatan saya tingkat okupansi hari perdana PON ini paling besar menyumbang 5 persen saja untuk bisnis hotel. Peningkatannya belum maksimal,” kata Ketua PHRI Kota Bekasi Abdul Rasyid di Bekasi, kemaren.

Dari total 24 hotel di wilayahnya, okupansi dari kalangan atlet dan ofisial PON hanya menyasar empat di antaranya Hotel Merapi Merbabu Rawalumbu, Hotel Santika Harapan Indah, Hotel Santika Bekasi Barat, dan Hotel HorisonBekasi Selatan.

“Namun sebagian panitia PON ada pula yang menginap di Hotel Amarossa Bekasi, namun jumlahnya tidak banyak,” katanya.

Dikatakan Rasyid, rata-rata hotel tersebut dikunjungi 100 orang tamu dari kalangan peserta PON. “Mereka adalah rombongan Tim Sepakbola dari sejumlah daerah di luar Jawa Barat. Pemain sebanyak 18 orang, ofisial 20-25 orang untuk satu tim. Bila perharinya ada empat tim yang bertanding di Kota Bekasi, berarti rata-rata hotel dikunjungi 100 tamu PON,” katanya.

Menurut Rasyid, jumlah itu dirasa kurang signifikan mendongkrak bisnis perhotelan, sebab tidak dibarengi dengan kunjungan pendukung fanatik dari masing-masing daerah.

“Mungkin, kalau masing-masing tim membawa pendukung dengan jumlah yang banyak, bisa memberikan dampak positif untuk bisnis hotel,” katanya.

Seperti diketahui, Stadion Patriot Chandrabaga Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, terpilih menjadi vanue untuk cabang olahraga sepakbola PON XIX/2016.[ANT/ISH/ZAI]

BEKASI TOP