Bekasi Online

Pemkab Karawang Akan Bentuk Kader Pelajar Lingkungan

Murid SDN Padurenan 1, Kecamatan Bantargebang, melakukan aksi bersih sekolah dan lingkungan, Minggu (21/2/2016).[Ida]
Murid SDN Padurenan 1, Kecamatan Bantargebang, melakukan aksi bersih sekolah dan lingkungan, Minggu (21/2/2016).[Ida]
POSBEKASI.COM – Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Karawang, akan membentuk kader pelajar lingkungan untuk menjaga lingkungan di sekolah.

“Pembentukan kader pelajar lingkungan ini akan terintegrasi dengan program penghijauan yang sebelumnya telah dicanangkan, yakni Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon,” kata Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Karawang Setya Dharma, di Karawang, kemaren.

Ia menyatakan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebenarnya mempunyai program Adiwiyata, salah satu program yang mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah (pelajar) dalam melestarikan lingkungan hidup.

Melalui program, setiap pelajar diharapkan ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.

“Pembentukan kader pelajar lingkungan ini masih wacana, dan nanti akan segera kami koordinasikan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” kata dia.

Jika sudah terbentuk, para kader pelajar lingkungan mulai dari sekolah tingkat SD-SMA, akan dibekali pengetahuan seputar lingkungan hidup.

Sementara itu, BPLHD Karawang telah mencanangkan Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan “Karawang Hijau”. Gerakan itu dicanangkan pada Juni 2015.

“Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon ini tidak akan menggunakan APBD Karawang. Anggarannya diusahakan berasal dari partisipasi seluruh lapisan masyarakat, termasuk kalangan pengusaha,” kata Setya.[ANT/SAW]

BEKASI TOP