Bekasi Online

Arus Balik Cikampek Naik 45 Persen

Arus balik lebaran di jalan Tol.[IST]
Arus balik lebaran di jalan Tol.[IST]
POSBEKASI.COM – Petugas Jasa Marga Jakarta-Cikampek Cabang Bekasi,  mencatat adanya kenaikan volume arus kendaraan di jalan tol itu sebesar 45 persen atau 107.769 kendaraan dibanding situasi normal 74.288 pada H+5 lebaran.

“Peningkatan ini dihitung dari Senin (11/7/2016) pukul 06.00-06.00 WIB (12/7/2016) juga dikarenakan libur panjang anak sekolah yang segwera berakhir,” kata Humas Jasa marga Japek Cabang Bekasi, Iwan Aprianto di Bekasi, Selasa (12/7/2016).

Arus kendaraan di ruas jalan tol hingga saat ini lancar. Namun antrean hanya di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama sepanjang 500 meter.

Sedangkan laju kendaraan 25-30 kilometer per jam karena pengguna jasa layanan tol lebih senang melakukan transaksi pembayaran secara manual. Padahal untuk Gerbang Tol Otomatis (GTO) sudah difungsikan secara normal.

Pada arus balik ini masih didominasi dari jalur selatan, sedangkan dari arah Pantura lengang. Pemudik juga lebih senang melakukan perjalanan malam daripada pagi atau siang hari.

Kepadatan juga masih didominasi dari Km 66-69, yaitu pertemuan jalur utara dan selatan. Kepadatan akan menunjukkan puncaknya pada Minggu (17/7/2016).

Iwan mengimbau kepada pengemudi truk untuk selalu berjalan pada tempatnya dan tidak ugal-ugalan.

Selain itu selalu gunakan lajur kiri bahu jalan serta untuk pengemudi kendaraan pribadi selalu melakukan pengecekan pada mobilnya.

Hal ini dilakukan melihat kejadian arus mudik hingga balik, banyak kejadian karena kelalaian pengguna jalan tol.

“Dan hindari tempat istirahat pada Km 62 karena sebagai titik utama langganan kemacetan panjang,” katanya.[ANT/IDH]

BEKASI TOP