Bekasi Online

2018 Pemko Bekasi Realisasikan Instalasi Sanitasi

Walikota Bekasi, Rahmat Effendi.{DOK]
Walikota Bekasi, Rahmat Effendi.{DOK]

POSBEKASI.COM – Pemkot Bekasi berencan bangun instalasi sanitasi di setiap komplek perumahan guna mewujudkan pengelolaan lingkungan yang sehat.

“Ke depan, setiap kompleks perumahan di Kota Bekasi akan ada pengelolaan instalasi sanitasi, karena selama ini kita masih ketinggalan dari kota besar lain,” kata Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, di Bekasi, Rabu (18/5/2016).

Salah satu instalasi yang akan dibangun adalah pengelolaan limbah tinja dari rumah-rumah warga melalui pengangkutan untuk dibuang ke Instalasi Pengolahan Limbah Tinja (IPLT) di Kecamatan Bantargebang.

Menurutnya, , Pemkot Bekasi melalui Dinas Kesehatan telah mencanangkan Perwal Nomor 44 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Perwal itu telah disosialisasikan pihaknya kepada dinas, camat, lurah, pencinta lingkungan, LSM, Dunia Usaha, Akademisi dan organisai kepemudaan.

Hampir 90 persen dari total 2,4 juta jiwa warganya saat ini telah bermukim di perumahan. “Akan kita realisasikan secara bertahap sampai 2018 mendatang,” katanya.

Lebih jauh dikatakannya, Perwal berisi tentang larangan buang air besar sembarangan, mencuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan air limbah rumah tangga.

Dinas Pembangunan dan Permukiman Kota Bekasi telah melakukan studi banding ke Filipina untuk mengadopsi sistem sanitasi masyarakat di negara itu. “Sistem sanitasi mereka sudah sangat canggih dan modern. Untuk mengimplementasikan itu membutuh dana yang tidak sedikit tapi bukan hal yang tidak mungkin direalisasikan,” ujarnya.[IDH/DLI]

BEKASI TOP