Bekasi Online

Aneh, Kadishub Bekasi Tak Tahu Perluasan Trayek TransJakarta

TransJakarta melintas di Bundaran HI, Jakarta.[DOK]
TransJakarta melintas di Bundaran HI, Jakarta.[DOK]
POSBEKASI.COM – Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Yayan Yuliana mengaku belum mengetahui rencana perluasan trayek armada angkutan massal Transjakarta hingga ke wilayahnya.

“Kami belum mendapat pemberitahuan dari Jakarta terkait perluasan trayek sampai ke Kota Bekasi,” katanya di Bekasi, kemaren.

Hal itu dikatakan Yayan menyikapi pernyataan Kadishubtrans DKI Jakarta Andri Yansyah yang akan membuka rute bus Transjakarta menuju Depok, Tangerang, dan Bekasi mulai pekan depan.

Menurut Yayan, wacana tersebut perlu didukung infrastruktur pendukung seperti “feeder” atau jalur transportasi khusus Transjakarta di Kota Bekasi yang saat ini belum ada.

“Kita perlu ada ‘feeder’ jika ada Transjakarta masuk. Menambahkan ‘feeder’ kan tidak bisa cepat,” katanya.

Menurut dia, pihaknya juga memerlukan pengaturan angkutan kota agar trayeknya tidak berbenturan dengan Transjakarta.

“Saya belum diberitahu baik itu secara resmi maupun lewat telepon. Mestinya ada pemberitahuan supaya ada koordinasi dengan para pengusaha sehingga tidak perlu ada konflik sosial,” katanya.

Yayan mengaku masih menunggu pemberitahuan dari Pemprov DKI terkait penggunaan rute angkutan tersebut di wilayah Kota Bekasi.

“Kita ingin tahu dulu rute dan tempat pemberhentiannya,” katanya.

Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan pembukaan rute di kota-kota penyangga dilakukan melalui kerja sama dengan pengembang.

Dalam kerja sama tersebut, pengembang akan menyiapkan lahan parkir di kota-kota penyangga itu.

“Minggu depan kami akan mulai dari Bekasi. Kami akan mulai dari Metropolitan Mall. Kami ada kerja sama dengan pengembang juga untuk disiapkan park and ride. Jadi penumpang silakan parkir di sana, manfaatkan bus kami Rp3.500, bisa keliling Jakarta sepuasnya,” katanya.[ANT/IDH]

BEKASI TOP