Bekasi Online

Angka Kecelakaan di Kabupaten Bekasi Meningkat

Kecelakaan lalu lintas.[DOK]
Kecelakaan lalu lintas.[DOK]
POSBEKASI.COM – Kepolisian Resor Kota Bekasi Kabupaten di Jawa Barat menyatakan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum daerah ini meningkat sejak Februari 2016.

“Peningkatannya sampai 49 persen,” kata Kepala Polresta Bekasi Kota Kombes Awal Chairuddin, di Bekasi, kemaren.

Awal mengatakan, dalam kurun waktu Februari-Maret 2016, terjadi 73 peristiwa kecelakaan yang mengakibatkan tiga korban meninggal dunia, 75 luka berat, dan 19 lainnya luka ringan.

“Selain itu, kalkulasi atas kerugian materi yang ditimbulkan mencapai Rp108 juta,” katanya lagi.

Dikatakannya, kecelakaan paling fatal pada periode tersebut terjadi di ruas tol Jakarta-Cikampek Kilometer 21+600.

“Kala itu tabrakan beruntun yang melibatkan lima kendaraan mengakibatkan tiga orang tewas, dua luka berat, dan satu luka ringan,” katanya.

Kesalahan manusia menjadi faktor dominan kecelakaan lalu lintas yang terjadi, di samping faktor kondisi jalan yang buruk, serta minim penerangan jalan.

“Karena itu, kami tidak pernah bosan mengimbau masyarakat dan pengguna jalan pada khususnya untuk selalu waspada saat berada di jalan raya,” kata dia.

Sosialisasi perihal keselamatan berkendara juga gencar disampaikan dengan beragam cara, baik melalui sosialisasi langsung maupun pemasangan spanduk yang disebar ke sejumlah titik.

“Mudah-mudahan bisa mendorong kesadaran masyarakat untuk mau mematuhi rambu-rambu seraya mengutamakan keselamatan diri saat berkendara,” ujarnya.[ANT/BES]

BEKASI TOP