Bekasi Tanah Legenda Jabar

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi.[Dok]

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi.[Dok]

POSBEKASI.COM – Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, menilai tema Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 “Berjaya di Tanah Legenda” sangat tepat disematkan untuk Jawa Barat (Jabar).

“Bekasi merupakan salah satu tanah legenda di Jawa Barat melalui sejarah peradaban Kerajaan Tarumanegara dengan rajanya Purnawarman,” katanya di Bekasi, Minggu (28/2/2016).

Menurut dia, Bekasi merupakan bagian dari sejumlah legenda masyarakat di Jawa Barat yang perlu diperkenalkan kepada masyarakat muda melalui penyelenggaraan PON.

Hal itu dikatakan Rahmat dalam pidatonya di hadapan penyelenggara PON Jabar dalam seremonial 222 hari menjelang PON di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Minggu (28/2) pagi.

Menurut dia, legenda tersebut diabadikan pihaknya menjadi nama stadion bertaraf internasional yakni Stadion Patriot Chandrabaga.

“Chandrabaga merupakan nama Bekasi pada masa pemerintahan Kerajaan Tarumanegara,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Rahmat memperkenalkan tokoh masyarakat setempat yang juga menjadi legenda dalam perjuangan kemerdekaan.

“Di Bekasi kita juga kenal sosok legenda pahlawan nasional KH Noer Alie yang berjuang melawan penjajah,” katannya.

Nampak hadir sejumlah pejabat di antaranya Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar, Ketua KONI Jawa Barat Ahmad Saefudin, jajaran pejabat Pemprov Jabar dan Kota Bekasi.

Selain kalangan pejabat, nampak pula sejumlah atlet legenda nasional seperti mantan kapten Persib Bandung Robby Darwis dan atlet angkat berat asal Kota Bekasi Sodikin.

Seremonial 222 Hari Menuju PON Jabar pada September 2016 ditandai dengan penentangan bola berhadiah dari para penyelenggara ke arah peserta acara.[Ant/Sah]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published.