Bekasi Online

Kemandirian Warga RT007 BTR Patut Diapresiasi Pemerintah

POSBEKASI.COM – Manfaatkan hari libur, warga RT007/013 Perumahan Bekasi Timur Regensi (BTR), Cimuning, Mustika Jaya, Kota Bekasi, seperti tidak pernah tidur dan terus melakukan aktivitas gotong royong dan berbenah untuk lingkungan.

Kali ini, warga yang memiliki kepedulian lingkungan dan kemandirian membuat tenda untuk kegiatan pesta atau acara lainnya secara swadaya.

Dengan membuat tenda, maka warga dilingkungan tersebut tidak lagi perlu menyewa tenda yang kini harganya semakin tinggi.

“Pembuatan tenda dua lokal ini memanfaatkan sumber daya manusia warga yang memiliki keahlian seperti me-las dan merancang,” kata Ketua RT007, Parjiman disela-sela aktivitas pembuatan tenda bersama warganya, Minggu (1/3/2015).

Menurut Parjiman, biaya pembelian besi dan alat-alat lainnya untuk pembuatan tenda berasal dari swadaya warga yang tinggal di RT007.

“Untuk biaya berasal dari sumbangan warga, begitu juga pembuatan atau pekerjaan tenda ini semuanya dikerjakan oleh warga yang berdomisilin di RT007 ini,” terang Parjiman.

Sebelumnya, warga RT007 yang memiliki aktivitas kepedulian lingkungan ini pada Febuari 2015 lalu membuat apotik hidup dengan menanam berbagai tumbuhan obat-obatan dan sayuran yang memanfaatkan lahan kosong di sudut rumah warga.

Aktivitas dan kepedulian terhadap lingkungan ini seyogyanya mendapat perhatian dari Walikota Bekasi Rahmat Effendi. Dimana warga RT007 ini melakukan kegiatan dengan kesadaran dan kemauan sendiri untuk peduli pada lingkungan.

Bahkan dana setiap kegiatan yang mereka lakukan berasal dari kantong pribadi warganya.

Berbagai ide-ide untuk kemajuan dan keasrian lingkungan ini patut mendapat apresiasi dari pemerintah Kota Bekasi.

Sayangnya, Pemkot Bekasi tidak pernah melihat atau turun langsung memantau kegiatan positif di lingkungan warga seperti yang dilakukan oleh warga RT007 ini. Padahal, ini dapat memacu lingkungan untuk lebih aman, nyaman dan asri serta mandiri.

“Tidak pernah terpikirkan oleh kami untuk mendapat apresiasi dari pemerintah, kami hanya ingin lingkungan tempat kami tinggal tidak hanya aman, tertib, tetapi juga kompak dan asri,” kata Parjiman.(Idam)

BEKASI TOP