posbekasi.com

DKI Mulai Lakukan Pendataan Pendatang Baru di Jakarta

DKI, Pendatang Baru, Pendatang Baru Jakarta, Pemprov DKI, Data Warga Baru, Warga Baru Jakarta, Warga Jakarta

posBEKASI.com | JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai mendata pendatang baru yang masuk ke Ibu Kota usai Lebaran 2024. Pendataan tersebut akan berlangsung hingga pertengahan Mei 2024.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta, Budi Awaludin, Rabu (17/4/2024).

“Kami ingin mengetahui apakah mereka membawa keluarganya dan langsung memproses kepindahan dari tempat asalnya,” ujarnya.

Menurut Budi, pendataan warga baru ini dapat dipantau melalui website resmi Disdukcapil DKI Jakarta. “Biasanya, usai perayaan Lebaran banyak yang membawa sanak saudaranya dari kampung untuk datang ke Jakarta,” ucapnya.

Meski begitu, Pemprov DKI tidak akan menggelar operasi yustisi untuk menertibkan para pendatang baru tersebut. “Siapa pun boleh datang ke Jakarta asal memenuhi syarat yang berlaku seperti jaminan tempat tinggal hingga pekerjaan,” kata Budi.

Karena itu, dia mengimbau para pendatang untuk memastikan bahwa mereka sudah mendapatkan tempat tinggal sebelum tiba. Budi juga memprediksi jumlah pendatang baru usai Lebaran 2024 tidak akan sebanyak tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun ini diperkirakan pendatang baru di Jakarta hanya berkisar 10 hingga 15 ribu orang,” ujarnya. Ini berarti penurunan cukup tajam dibandingkan pada 2023 yang mencapai sekitar 20 hingga 25 ribu orang.[rri/yan]

BEKASI TOP