posbekasi.com

Pemilih Muda Dominan, Ini Strategi KPU Kota Bekasi

Anggota KPU Kota Bekasi, Afif Fauzi saat berjumpa RRI. Ia mendorong jajarannya di tingkat kelurahan dan kecamatan gencar melakukan sosialisasi tahapan pemilu melalui media sosial karena pemilih muda di sana jumlahnya dominan.(Foto: RRI/Leny Kurniawati)

posBEKASI.com | BEKASI – KPU Kota Bekasi mendorong jajarannya di tingkat kelurahan dan kecamatan gencar melakukan sosialisasi tahapan pemilu. Salah satunya dengan memanfaatkan penggunaan media sosial.

Anggota KPU Kota Bekasi, Afif Fauzi mengatakan, penggunaan media sosial diharapkan ikut mendongkrak partisipasi publik. Terutama di kalangan pemilih pemula dan pemilih muda.

Apalagi kata dia, saat ini pemilih di Kota Bekasi didominasi generasi-z dan milenial. Jumlahnya mencapai 50 persen lebih dari total pemilih.

Sehingga, KPU menilai bahwa pemanfaatan media sosial cukup penting. Di samping juga metode sosialisasi lain.

“Kita manfaatkan sosial media untuk sosialisasi tahapan pemilu. Sehingga masyarakat mengetahui sejauh mana kerja kita dan tahapan pemilu berlangsung,” kata dia.

Mengingat pentingnya penggunaan sosial media, KPU belum lama ini melakukan pembahasan khusus.Dengan mengumpulkan  Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Dalam kesempatan tersebut PPK dan PPS diimbau bisa mengoptimalkan media sosial untuk sosialisasi. Termasuk memberikan masukan dan saran bagaimana mengelola konten media sosial.

“Kita melakukan evaluasi sejauh mana medsos PPK dan PPS dalam melakukan sosialisasi. Harapan kami sosialisasi tahapan pemilu merata di semua PPS dan PPK, yang belum aktif ditingkatkan yang sudah dijaga,” ujarnya mengakhiri. [rri]

BEKASI TOP