posbekasi.com

Siswi Bandung Nabilla Raih Emas Karate di Portugal, Begini Ceritanya

Nabilla Nur Aprilliani siswi SMAN 12 Bandung peraih emas karatek di Maia International Karate Open (MIKO) 2023 di Portugal. Kegigihan menjadi faktor keberhasilannya meraih emas. (Foto: Instagram @nabillanuraprr)

posBEKASI.com | BANDUNG – Siswi SMAN 12 Bandung, Nabilla Nur Aprilliani berhasil membuat bangga sekolah, bahkan Indonesia. Ia meraih medali emas di “Maia International Karate Open (MIKO) 2023 “di Portugal pada awal Desember lalu.

Ajang tahunan tersebut diikuti 971 peserta dari 93 negara di dunia yang selalu melahirkan atlet karate berbakat. Yakni atlet karate, Prancis, Jerman, Maroko, Portugal hingga Brasil.

Meski harus beradaptasi dengan cuaca dingin dan menghadapi lawan dari mancanegara, tekadnya untuk berjuang malah semakin bulat. “Dari hari pertama di Portugal aku benar-benar semangat bertanding, penuh optimis,” katanya saat ditemui di sekolah, Senin (18/12/2023).

Medali emas tersebut seolah menjadi saksi perjuangan Nabilla sebagai karateka selama satu dekade. “Aku udah di titik ini, kalau aku menyerah sia-sia perjuangan aku,” kata Nadia lagi.

Nabila mengakui itu bukan hal yang mudah, karena harus fokus dan terus menyemangati diri sendiri. “Setelah perjuangan selama 10 tahun, inilah waktu yang aku tunggu-tunggu,” bebernya.

Selain buah kerja keras dan dukungan sekolah, Nabilla bercerita, ia tidak akan sampai di titik ini tanpa doa dan dukungan orang tua, terkhusus sang bunda.  “Kalau enggak ada Mamah enggak mungkin aku bisa di sini,” ujarnya.

“Orang tua mendukung banget dari SD sampai sekarang, bahkan, Mamah selalu ada saat latihan. Peran Mamah penting banget, banget, banget,” ucap buah hati pasangan Ani Kristiani dan Ihman Rihman Gustianai tersebut.

Meski demikian, ia juga pernah berada di titik terendah di dunia karate yakni saat wafatnya sang pelatih, Erick Sensei. “Sejak kehilangan beliau, aku ngerasa bingung mau kemana, karena dari kecil hingga saat itu (2019) beliau adalah guru saya,” kata Nadia menjelaskan.

Kepala SMAN 12 Bandung, Enok Nurjanah pun amat mengapresiasi prestasi yang diraih peserta didiknya. Terlebih, Nabilla berhasil mengharumkan nama sekolah dan mewakili Indonesia di kancah internasional.

“Kita sangat senang, bersyukur, dan bangga atas prestasi yang dicapai Nabilla. Ini juga mengharumkan nama SMAN 12 Bandung yang memang sedang menaikkan pamor, ini luar biasa,” kata Enok.

Menurutnya, selain mengadakan psikotes saat masuk sekolah, para siswa pun diberi wadah untuk berekspresi. Mereka, termasuk Nabila, diberi kesempatan berupaya dalam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler serta ajang pekan kreativitas.

Keberhasilan Nabila di bidang karate bisa diikuti melalui akun indtsgramnya, @nabillanuraprr. Di sana ia membangikan sejumlah foto kegiatan termasuk saat meraih medali emas yang membanggakan. [rri]

BEKASI TOP