posbekasi.com

Polda Jabar Gelar Apel Pengamanan Piala Dunia U-17

Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol Bariza Sulfi pimpin Apel Pasukan Operasi “Aman Bacuya-2023” Pengamanan FIFA U-17 World Cup 2023, di Lapangan Upakarti, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis 9 November 2023. [Posbekasi.com /Istimewa]

posBEKASI.com | BANDUNG – Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol Bariza Sulfi menggelar Apel Pasukan Operasi “Aman Bacuya-2023” dalam rangka Pengamanan FIFA U-17 World Cup 2023, di Lapangan Upakarti, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis 9 November 2023.

“Hari ini dilaksanakan secara serentak di 3 Polda lainnya, yaitu Polda Metro Jaya, Polda Jawa Tengah Dan Polda Jawa Timur,” kata Bariza.

Ia menambahkan untuk pelaksanaan pengamanan Operasi Bacuya 2023, Polda Jawa Barat mengikuti beberapa lokasi tempat.

“Baik itu di bandara, termasuk juga akomodasi, hotel, rute perjalanan dari hotel ke tempat pertandingan maupun dari hotel ke tempat latihan,” ujarnya.

“Semuanya sudah dilakukan pengamanan, baik secara langsung menempatkan personil maupun dengan monitoring-monitoring dengan menggunakan sarana prasarana yang kita miliki,” sambungnya.

Lanjutnya, selama pelaksanaan FIFA U-17 World Cup tahun 2023 di wilayah Jawa Barat. Polda Jawa Barat melibatkan 2.885 personil gabungan.

“Untuk personil khususnya Jawa Barat, kita melibatkan 2.855 orang, yang terdiri dari polri, stewards untuk melakukan pengamanan langsung di lokasi pertandingan,” tuturnya.

“Stewards ini juga telah dilakukan pelatihan dari mulai minggu-minggu lalu, dan mudah-mudahan pelaksanaannya bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Meski tinggal satu hari jelang pelaksanaan FIFA U-17 World Cup tahun 2023, Bariza memastikan kepolisian Jawa Barat siap 100 persen untuk melaksanakan pengamanan.

“Alhamdulilah setelah saya cek dari kemarin dan hari ini juga tetap akan kita cek lagi. Dari FIFA pun setiap harinya akan melaksanakan anev untuk jalannya pengamanan ini,” ujar Bariza.

“Sehingga diharapkan jalannya pertandingan World Cup U-17 di Jawa Barat khususnya di Jalak Harupat bisa berjalan sesuai dengan harapan masyarakat Indonesia maupun dunia,” kata Bariza.

Ia pun menjelaskan selama pertandingan FIFA U-17 World Cup tahun 2023, pihaknya telah menyiapkan 30 sampai 50 bis yang nantinya ditujukan bagi para penonton.

“Untuk mekanisme pengaturan transportasi, memang sesuai petunjuk dari FIFA tidak di sarankan di seputaran stadion, kita akan tempatkan di area dome balerame,” ucapnya.

“Untuk sirkulasinya itu sedang dan sudah kita tetapkan dengan menggunakan penjemputan bis-bis maupun sarana prasarana transportasi lainnya,” katanya. [arh]

BEKASI TOP