posbekasi.com

Anggota KPU Jakarta Akui Generasi Z Peduli Pemilu

Anggota KPU DKI Jakarta, Astri Megatari, saat menjadi pembicara pada acara dialog ‘Parlemen Menjawab’ di RRI Jakarta, Senin (16/10/2023) (Foto: RRI/Fitratun Komariah)

posBEKASI.com | JAKARTA –  Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Astri Megatari, mengakui kepedulian pemilih dari kalangan Generasi Z terhadap pemilu. Demikian dikatakannya pada Dialog RRI Jakarta bertajuk “Parlemen Menjawab Menciptakan Pemilu Damai dan Pemilu Cerdas”, Senin (16/10/2023).

“Saat sosialisasi saya melihat mereka sangat antusias dengan isu-isu terkait kepemiluan,” ujarnya. Sayangnya, menurut Astri, kalangan Gen Z cenderung memilih sumber-sumber informasi yang kurang tepat.

Menurut dia, mereka kurang terpapar informasi-informasi yang benar mengenai Pemilu 2024.. Meski begitu, Astri menyatakan bersyukur dengan adanya Kurikulum Merdeka Belajar yang mengajarkan nilai-nilai Pancasila.

“Salah satu turunannya adalah pelajaran atau materi tentang demokrasi,” kata Astri. Dalam hal ini, dia mengaku seringkali diundang untuk menjelaskan soal demokrasi dan pemilu di berbagai tingkatan sekolah.

Melalui kegiatan tersebut, Astri mengakui jika pihak KPU DKI Jakarta mulai menanamkan nilai-nilai tentang pemilu dan demokrasi. “Kami ingin para pemilih pemula dapat lebih memahami esensi pelaksanaan pemilu di Indonesia,”  ujarnya. [rri]

BEKASI TOP