posbekasi.com

BNPB: Pentingnya Media Center pada Kebencanaan

Kepala Pusdalops BNPB Bambang Surya Putra pada Rapat Koordinasi Humas BPBD Kabupaten Kota se-Jawa Barat, di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Selasa 26 September 2023. [Posbekasi.com /BPBD Jabar]

posBEKASI.com | BANDUNG – Komunikasi publik saat tanggap darurat bencana sangat penting, dan media center perlu disiapkan untuk memberikan informasi baik saat bencana terjadi maupun pascabencana.

“Media centre menjadi hal yang penting untuk disiapkan saat pembentukan posko. Fungsinya untuk menyediakan informasi baik bagi masyarakat maupun media massa,” kata Kepala Pusdalops BNPB Bambang Surya Putra, saat menjadi narasumber di Rapat Koordinasi Humas BPBD Kabupaten Kota se-Jawa Barat, di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Selasa 26 September 2023.

Bambang menjadi narasumber pertama di rakor yang dibuka Sekretaris BPBD Provinsi Jawa Barat, Anne Hermadiane Adnan, selama dua hari 26 – 27 September 2023, diikuti peserta rakor dari staf humas atau staf Pusdalops PB yang bertugas sebagai Humas di BPBD Kabupaten Kota dan Damkar PB di Jawa Barat.

Menurut Bambang, kurangnya informasi berarti bantuan terlambat. Adanya informasi dari BPBD, berarti menunjukkan bahwa negara hadir di tengah masyarakat.

“Ketiadaan informasi akan menjadi kesimpangsiuran dan masyarakat tidak tahu harus minta bantuan ke mana,” ucapnya.

Bambang juga memberi berbagai tips agar BPBD semakin terlihat keberadaannya di tengah masyarakat. Dan juga mengingatkan agar jangan sampai campaign pihak lain lebih kencang daripada campaign BPBD.

“Karena campaign itu membuat terbentuknya opini. Juga mengatur konferensi pers terjadwal dan jangan kalah dengan tokoh-tokoh populer. Dan terpenting, memastikan para humas di lapangan memiliki APD yang memadai,” pungkasnya. [arh]

BEKASI TOP