posbekasi.com

‘Supermoon’ Hadir di Langit Malam Akhir Agustus

Ilustrasi fenomena Supermoon (Foto: istimewa)

posBEKASI.com | BEKASI – Fenomena Bulan Purnama atau super blue moon merupakan istilah dari munculnya bulan purnama pada satu periode. Kejadian ini menjadi satu-satunya bulan yang akan menyuguhkan pemandangan yang luar biasa di langit malam.

Tahukah anda blue moon bukanlah fenomena langka. Tetapi menurut astronomisnya sendiri fenomena ini sudah sering terjadi dua hingga tiga tahun sekali.

Sebelumnya diketahui pada Agustus ini sudah satu purnama terjadi yaitu pada tanggal 1 Agustus 2023 lalu. Dan diduga fenomena serupa akan terjadi lagi pada akhir Agustus ini tepatnya di 31 Agustus 2023 mendatang.

Dikutip dari media sosial Organisasi Penerbangan dan Antarika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Masyarakat Indonesia bisa melihat secara langsung Supermoon pada Kamis, (31/8/2023) dimulai dari pukul 20.35 WIB, 21.35 WITA, 22,35 WIT.

Menurut laman resmi Space, dua syarat utama Supermoon ini dapat terjadi. Yaitu berada di posisi paling dekat dengan bumi dalam orbit 27 hari.

Dan yang kedua pada periode purnama setiap 29,5 hari disaat matahari menyinari bulan sepenuhnya. Selain itu fenomena ini bisa dinikmati tanpa bantuan alat artinya dengan mata telanjang.

Ada beberapa alasan mengapa blue moon ini cukup terkenal yang pertama menjadi bulan pertama ketiga. Yang ada dalam satu musim dengan empat bulan purnama menjadi bulan purnama kedua setelah yang pertama purnama Sturgeon

Ternyata blue moon ini 30 persen lebih terang dan 14 persen lebih besar dari titik terjauhnya. Dan pemandangan indah ini akan ditemani cahaya Saturnus yang ikut melengkapi keindahan Supermoon akhir Agustus nanti. (TNA/Internal RRI)

BEKASI TOP