posbekasi.com

Kemenhub: Tarif Promo LRT Jabodebek Rp5 Ribu

LRT di Jakarta. (Foto: Instagram @lrtjkt)

posBEKASI.com | JAKARTA – Kementerian Perhubungan menetapkan tarif promo LRT Jabodebek sebesar Rp 5.000 untuk seluruh lintas pelayanan. Tarif Promo ini mulai diberlakukan sejak LRT Jabodebek diresmikan sampai dengan September 2023.

“Tarif promo ini kami berikan dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI, serta untuk memperkenalkan LRT Jabodebek kepada masyarakat. Melalui pemberian tarif promo ini, diharapkan akan mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan angkutan massal,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati dalam keterangan pers di Jakarta, Minggu (27/8/2023).

Selain tarif flat Rp 5.000, kata Adita, Kemenhub juga menyiapkan skema pengenaan tarif maksimal Rp 20.000 untuk jarak terjauh. Skema tarif ini mulai diberlakukan pada awal bulan Oktober 2023 sampai dengan akhir Februari 2024.

“Besaran PSO yang diberikan untuk subsidi tarif dari mulai beroperasi sampai dengan akhir tahun 2023 yaitu sebesar Rp 66 Miliar. Jumlah ini di luar pemberian subsidi untuk prasarana,” ucap Adita.

Perlu diketahui, Tarif LRT Jabodebek telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan RI No KM 67 Tahun 2023. Tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik.

“Berdasarkan regulasi ini, tarif dasar LRT Jabodebek ditetapkan mulai Rp 5.000 untuk 1 km pertama. Dan mengalami penambahan sebesar Rp 700 per Km selanjutnya,” kata Adita.  [rri/met]

BEKASI TOP