Bekasi Online

Kabupaten Bekasi Diserbu Pencari Kerja

Cari kerja
Cari kerja

POSBEKASI.COM – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bekasi, setiap hari dipadati pencari kerja yang hendak melamar di perusahaaan setempat.

“Masuk kerja pascalibur Lebaran 2016 menjadi alasan warga yang ingin mencari pekerjaan, dikarenakan masa berlaku kartu kuning dari Disnakertrans sudah kadaluarsa,” kata Kepala Sie Disnakertrans Kabupaten Bekasi, Murdiana di Kabupaten Bekasi, kemaren.

Dalam sehari katanya, ada 500 warga yang ingin memperbaharui kartu kuning yang dikeluarkan untuk mencari pekerjaan baik swasta, negeri honorer, maupun untuk persyaratan lainnya.

Untuk warga yang baru lulus sekolah atau kuliah dalam sehari tercatat 200 orang. Ini karena tradisi pascalibur Lebaran 2016 yang selalu membuka lowongan pekerjaan.

Ditambahkannya, warga yang ingin melamar kerja ini kebanyakan melamar kerjaan ke Cikarang Selatan, Barat, Marunda Center, dan beberapa tempat di sekitar Deltamas. Sebagai pendataan warga Kabupaten Bekasi yang baru lulus sekolah ataupun kuliah untuk melamar pekerjaan.

Selain itu, untuk mempermudah pencari kerja di pemerintah daerah setempat, akan disediakan mobil pelayanan keliling Disnakertrans.

Para pencari kerja yang tinggal jauh dari pusat pemerintahan lebih terbantu dan tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu mahal.

Para pencari kerja tidak hanya dari Kabupaten Bekasi, melainkan juga dari luar pemerintah daerah setempat. Umumnya pencari kerja pendatang melakukan pergantian kartu tanda penduduk, agar dapat diterima bekerja di perusahaan yang ditujunya.

Dikarenakan perusahaan di kawasan industri setempat yang tersebar di tingkat kecamatan ini, mulai melakukan pengurangan tenaga kerja pada satu hingga dua bulan sebelum lebaran. Alasan perusahaan mengurangi pekerja yaitu tidak ada tenaga profesional yang mendukung dalam pengoperasian mesin, atau kurang menunjang kinerja karyawan dalam pekerjaannya.

Tetapi itu semua hanya alasan saja, agar dapat memakai tenaga baru dengan biaya lebih turun dari pada yang sudah lama bekerja di perusahaan tersebut.[ANT/FER]

BEKASI TOP