posbekasi.com

Kemenhub Ajukan Skema Tarif Promo LRT Jabodebek

LRT di Jakarta. (Foto: Instagram @lrtjkt)

posBEKASI.com | JAKARTA – Kementerian Perhubungan menyiapkan sejumlah skema tarif promo angkutan massal LRT Jabodebek untuk memperingati HUT Ke-78 RI. Skema terpilih nantinya akan diterapkan sewaktu LRT Jabodebek pertama kalinya pada akhir Agustus 2023.

Demikian disampaikan Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Mohamad Risal Wasal, melalui keterangannya pada Jumat (18/8/2023). “Kami berharap tarif promo ini semakin menarik minat masyarakat untuk menggunakan LRT Jabodebek,” ucapnya.

Diharapkan tingkat kemacetan dan polusi udara dapat ditekan jika semakin banyak warga yang beralih kepada angkutan massal. Terutama di wilayah perkotaan yang teraglomerasi seperti Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Menurut Risal, terdapat dua usulan skema tarif promo yang diajukan. “Pertama diskon tarif sebesar 78 persen dan kedua diskon tarif terjauh sebesar Rp20 ribu,” katanya.

Saat ini Ditjen Perkeretaapian masih merumuskan konsep besaran, waktu pelaksanaan, serta regulasi terkait tarif promo tersebut. “Jika disetujui, kami akan terapkan saat LRT Jabodebek beroperasi komersial akhir Agustus mendatang,” katanya.

Untuk menunjang pengoperasian LRT Jabodebek, Kemenhub telah menyiapkan angkutan feeder bagi calon penumpang. “Kami juga menyediakan fasilitas park and ride dengan tarif terjangkau,” ujar Risal. [rri]

BEKASI TOP