posbekasi.com

Menlu: Kontingen Indonesia di Jambore Dunia Baik-baik Saja

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju melihat Menlu Retno Marsudi (kiri) tampil dalam acara Istana Berkebaya di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (6/8/2023). (Foto: Antara/Sigid Kurniawan/nz)

posBEKASI.com | JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memastikan kontingen Indonesia di Jambore Pramuka Dunia Korea Selatan dalam kondisi baik. Hal ini menjawab karut marutnya Jambore Dunia ke-25 tersebut yang menjadi sorotan masyarakat dunia.

“Jadi delegasi kita menurut KBRI Seoul jumlahnya ada sekitar 1.500. Alhamdulillah mayoritas mereka hampir semuanya dalam kondisi baik-baik saja,” kata Menlu usai menghadiri Istana Berkebaya di depan Istana Merdeka, Jakarta, Ahad (6/8/2023).

Retno mengatakan, pihaknya terus melakukan komunikasi dengan KBRI di  Seoul. Menurutnya, KBRI Seoul beberapa kali telah melakukan kunjungan ke lokasi perkemahan digelar di Seemangeum, Joella Utara.

“Memang tantangannya berat sekali terutama, dari sisi cuaca karena memang panas sekali. Dan dari waktu ke waktu saya terus pantau mereka melalui kedutaan kita di Seoul, jadi Alhamdulillah anak-anak dalam kondisi baik,” katanya.

Retno juga memastikan, pemerintah belum akan menarik kontingen Indonesia dari Jambore Pramuka Dunia yang telah dilakukan beberapa negara. Ia berharap, kondisi cuaca di Korea Selatan terus membaik.

“Saya tanya rencana mereka dan so far belum ada rencana apa-apa. Mudah-mudahan kondisi membaik dalam arti cuaca menjadi tidak semakin panas,” kata Menlu.

Sebagai informasi, Jambore Pramuka Dunia yang diselenggarakan di Korea Selatan saat ini menjadi perbincangan masyarakat dunia. Selain kondisi cuaca, carut marutnya kesiapa hingga fasilitas jambore dinilai belum maksimal.

Selain itu banyak kontingen yang jatuh sakit akibat cuaca panas. Sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Singapura, dan Inggris pun memutuskan menarik kontingen mereka. [rri/ant]

BEKASI TOP