posbekasi.com

Pasukan Katak Aksi Bersih Sampah Kali, DLH Kota Bekasi Gelar Puncak Hari Lingkungan Sedunia di Danau Duta Harapan

Pasukan Katak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi aksi bersih sampah Kali Irigasi Sasak 45, Teluk Pucung, Bekasi Utara, pada Rabu 7 – Kamis 8 Juni 2023. [Posbekasi.com / Istimewa]

posBEKASI.com | BEKASI – Pasukan Katak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi terjun membersihkan sampah Kali Irigasi Sasak 45, Teluk Pucung, Bekasi Utara, pada Rabu 7 – Kamis 8 Juni 2023.

“Aksi bersih kali ini sekaligus dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) yang mengusung tema Beat Plastic Pollution,” kata Kepala DLH Kota Bekasi, Yudianto, dikutip dalam keterangannya, Jumat 9 Juni 2023.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni, selain mengerahkan Pasukan Katak, DLH Kota Bekasi mengerahkan Tim Pematusan dan Tim Alat Berat Pengakut Sampah dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA), serta mengajak komunitas peduli lingkungan dan juga masyarakat sekitar untuk lebih peduli terhadap kualitas air sungai yang lebih baik.

“Dengan harapan masyarakat dapat berubah mindsetnya menjadi lebih peduli terhadap lingkungan, dan hasilnya dapat terlihat dan dapat dirasakan sendiri jika kualitas air sungai membaik yang bersih bebas dari sampah,” terang Yudianto.

Dikatakannya, melalui aksi bersih kali diharapkan limbah domestik rumah tangga yang masuk ke sungai akan bisa terkurangi dan masyarakat akan semakin paham dan melek akan pentingnya sungai yang bersih.

Sampah plastik lanjut Yudianto, menjadi permasalahan serius yang harus segera diatasi.

“Semoga aksi ini membangun motivasi semua pihak untuk bersama-sama menjaga kebersihan sungai, dan tidak membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Selain Aksi Bersih Kali Bekasi, DLH Kota Bekasi juga menggelar aksi Bersih-Bersih Hutan Kota Bekasi, di Danau Duta Harapan, Bekasi Utara, Jumat 9 Juni 2023, yang lokasi tersebut akan digelar puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Ahad 11 Juni 2023. [ish]

BEKASI TOP