posbekasi.com

Arab Saudi Umumkan Idul Fitri 21 April, Shalat Jumat Tetap Berlangsung

Ka’bah di Masjidil Haram hampir kosong dari jamaah setelah otoritas Saudi menangguhkan umrah di tengah kekhawatiran wabah virus corona, di kota suci Muslim Mekkah, Arab Saudi, 6 Maret 2020. (Foto: Reuters)

POSBEKASI.com | JAKARTA – Kementerian Urusan Islam Arab Saudi baru saja mengumumkan bahwa Idul Fitri tahun ini akan jatuh pada Jumat, 21 April 2023. Imam-imam di seluruh kerajaan telah diminta untuk tetap melaksanakan shalat Jumat seperti biasa, meskipun bertepatan dengan perayaan Idul Fitri.

Dilansir dari The National News, ketika Idul Fitri tiba, umat Islam di Arab Saudi akan berkumpul di masjid untuk melaksanakan sholat Idul Fitri di pagi hari. Namun, mereka yang ingin tetap tinggal setelah shalat Idul Fitri dapat melaksanakan sholat Jumat.

Zohair Ahmad, seorang warga negara Inggris yang tinggal di Jeddah, mengatakan, “Pada kesempatan di mana Idul Fitri bertepatan dengan hari Jumat, siapa pun yang bangun sepanjang malam kemudian menghadiri sholat Idul Fitri tidak diwajibkan untuk menghadiri sholat Jumat di masjid.”

Meski demikian, menurut Ahmad, lebih baik jika mereka tetap melaksanakan shalat Jumat. Pengecualian lain yang perlu dicatat adalah bahwa adzan tidak disyariatkan di masjid-masjid di mana sholat Jumat diadakan pada hari Idul Fitri.

Sementara itu, Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial Arab Saudi telah mengumumkan libur Idul Fitri selama empat hari bagi sektor swasta dan nirlaba di kerajaan tersebut. Libur Lebaran akan dimulai pada Jumat, 21 April 2023, yang berarti warga dapat mulai menikmati liburan mereka setelah menyelesaikan hari kerja pada Kamis, 20 April 2023. (timesindonesia)

BEKASI TOP