posbekasi.com

DPRD Jabar Pantau Pembangunan Lewat Smart Jabar

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Bedi Budiman (kanan) menghadiri peluncuran program Smart Jabar, Ekosistem E-Office Jabar, Dashboard Jabar, dan Jabar Skytrek di Jabar Command Center, Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu 5 April 2023. [Posbekasi.com /Istimewa]

POSBEKASI.com | BANDUNG – Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Bedi Budiman, mendukung peluncuran program Smart Jabar, Ekosistem E-Office Jabar, Dashboard Jabar, dan Jabar Skytrek di Jabar Command Center, Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu 5 April 2023.

“Dengan adanya program digitalisasi ini, DPRD Provinsi Jabar secara langsung bisa memantau semua program pembangunan di Jawa Barat,” kata Bedi Budiman.

Bedi Budiman mengapresiasi peluncuran program Smart Jabar, Ekosistem E-Office Jabar, Dashboard Jabar, dan Jabar Skytrek untuk kemajuan Jabar ke depan.

“Kami mengapresiasi apa yang menjadi terobosan dan inovasi dari Diskominfo Provinsi Jawa Barat,” ujar Bedi Budiman.

Sementara, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja, menuturkan digitalisasi sangat penting dilakukan terlebih pada masa disrupsi saat ini. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempercepat, mempermudah, dan efisiensi bagi pimpinan membuat kebijakan dan meningkatkan pelayanan publik.

Karena itu, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar, ASN harus terus meningkatkan kapasitas diri dalam bidang digitalisasi sehingga terciptalah Smart Jabar, Ekosistem E-Office Jabar, Dashboard Jabar, dan Jabar Skytrek.

“Teknisnya dari Diskominfo sudah siap, makanya kita launching. Kita berupaya capacity building teman-teman Diskominfo terus dilakukan. Jadi launching bukan berarti selesai segalanya, justru kita memulai dan capacity harus ditingkatkan,” tuturnya.

SMART Jabar merupakan portal Administrasi Pemerintahan dengan teknologi Single Sign On sebagai gerbang yang memberikan kemudahan bagi aparatur Pemprov Jabar untuk melaksanakan pekerjaan dengan lebih cepat, tepat, dan efisien.

Ekosistem E-Office merupakan ekosistem layanan aplikasi arsip dinamis yang mengakomodir pengiriman naskah dinas antar aplikasi e-Office sejenis milik Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota melalui integrasi dengan pemanfaatan Sistem Penghubung Layanan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Sedangkan Skytrek menggunakan lima satelit mengimplementasikan good data, good decision dengan menganalisis data yang diperoleh melalui perangkat sensor dan satelit.

Keunggulan Skytrek, data yang diberikan realtime dan live streaming sehingga masyarakat bisa berpartisipasi dengan menggunakan channel televisi.[POB]

BEKASI TOP