Posbekasi.com

Kroasia Langganan Menang Penalti, Dominik Livakovic ‘Hattrick’ Penyelamatan

Kiper Kroasia Dominik Livakovic selebrasi kemenangan usai menghadang penalti para pemain Jepang di di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, Senin (5/12/2022). (Foto: FIFA)

POSBEKASI.com | QATAR – Timnas Sepak Bola Kroasia mampu mengalahkan Jepang 3-1 dalam putaran 16 Besar Piala Dunia 2022 Qatar, Senin (5/12/2022). Kemenangan Kroasia atas adu penalti usai babak tambahan berjalan, dan Kiper Kroasia Dominik Livakovic melakukan hattrick penyelamatan.

Livakovic adalah kiper yang bermain untuk Liga Kroasia, yaitu Dinamo Zagreb, dan berusia 27. Pelatih Kroasia Zlatko Dalic telah mengandalkan Livakovic dalam empat pertandingan Piala Dunia 2022.

Drama terjadi dalam perpanjangan waktu pertandingan Jepang kontra Kroasia di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar. Hingga menit ke-120, skor bertahan, yaitu Jepang 1-1 Kroasia, dan hingga akhirnya adu penalti.

Tapi, para pemain Jepang sejak tendangan pertama penalti, mereka telah gagal mengeksekusi gol ke gawang Kroasia. Livakovic dapat membaca tendangan penalti Jepang, dimulai dari tendangan Takumi Minamino, Kaoru Mitoma, dan Maya Yoshida.

Hanya tendangan Takumo Asano dapat menjebol gawang Kroasia, sebagai penendang ketiga. Sedangkan Kroasia, dapat menunjukkan sebagai tim dengan berpengalaman dengan babak penalti dalam laga Piala Dunia.

Tiga gol para pemain Kroasia dapat dieksekusi dengan baik ke gawang Jepang yang dijaga Shuichi Gonda. Gonda hanya mampu menangkap bola dari tendangan penalti Marko Livaja, sebagai penendang ketiga dari Kroasia.

Nikola Vlasic, Marcelo Brozovic, dan Mario Pasalic sukses mengeksekusi penalti ke gawang Jepang. Hanya empat penendang, dan Kroasia dapat keluar sebagai pemenang dalam pertandingan tersebut.

Namun, Kroasia menang tidak mudah karena telah kebobolan sejak babak pertama, skor 1-0 untuk Jepang. Gelandang Jepang Daizen Maeda mampu menjebol gawang Kroasia dari bola muntahan di depan gawang, dengan penjagaan ketat Kroasia.

Gol Maeda tercipta pada menit ke-43, hanya beberapa menit sebelum babak pertama berakhir. Walaupun, Kroasia juga kembali menyamakan kedudukan skor 1-1, lewat sundulan Ivan Perisic dari asisst Bek Kroasia Dejan Lovren.

Lovren memberikan umpang lambung dari luar kanan kotak penalti, dan disambut Perisic pada menit ke-55, babak kedua. Babak kedua juga berjalan alot, Kroasia banyak melakukan serangan, dengan peluang tidak mulus.

Alhasil, Kroasia melaju ke babak Delapan Besar (Quartr Final) Piala Dunia 2022. Selain itu, Kroasia menambah catatan sejarah kemenangan lewat adu penalti.

Sebab, Kroasia juga menang lewat penalti dalam babak 16 Besar Piala Dunia 2018 Rusia. Begitu pula saat masuk Delapan Besar dan Semi Final Piala Dunia 2018.

Tendangan penalti Jepang vs Kroasia:

Jepang:
Takumi Minamino (Gagal)
Kaoru Mitoma (Gagal)
Takuma Asano (Gol)
Maya Yoshida (Gagal)

Kroasia:
Nikola Vlasic (Gol)
Marcelo Brozovic (Gol)
Marko Livaja (Gagal)
Mario Pasalic (Gol)

Susunan pemain Jepang vs Kroasia:

Jepang (3-4-3): Shuichi Gonda; Takehiro Tomiyasu, Maya Yoshida, Shogo Taniguchi; Junya Ito, Wataru Endo, Hidemasa Morita, Yuto Nagatomo; Ritsu Doan, Dazen Maeda, Daichi Kamada.
Pelatih (Hajime Moriyasu)

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Borna Barisic, Josko Gvardiol, Dejan Lovren, Josip Juranovic; Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic, Luka Modric; Ivan Perisic, Bruno Petkovic, Andrej Kramaric.
Pelatih (Zlatko Dalic). [RRI]

BEKASI TOP