Posbekasi.com

Tundukkan Iran, Amerika Serikat Tantang Belanda di 16 Besar

Penyerang Amerika Serikat Christian Pulisic mencetak gol satu-satunya ke gawang Iran dalam laga terakhir, di Al Thumama Stadium, Rabu (30/11/2022) dini hari WIB. (Foto: Reuters)

POSBEKASI.com | QATAR – Amerika Serikat akan menantang Belanda di 16 besar Piala Dunia 2022 usai menang 1-0 atas Iran. Duel Iran vs Amerika Serikat berlangsung di Al Thumama Stadium, Rabu (30/11/2022) pukul 02.00 WIB.

Iran yang mengenakan kostum warna putih langsung agresif dalam memulai pertandingan sejak peluit dibunyikan. Tim asuhan Carlos Queiroz mulai mengembangkan permainannya.

Namun, upaya mereka masih bisa dihentikan oleh para pemain Amerika Serikat yang melakukan pressing ketat. Sementara itu, pasukan Amerika Serikat di bawah asuhan Gregg Berhalter juga berusaha untuk melancarkan serangan.

The Yanks punya peluang pada menit 11 lewat sundulan Christian Pulisic. Ia naik ke area pertahanan lawan dan menyundul umpan silang tepat ke tengah gawang. Sialnya, sundulannya masih lemah dan mampu ditangkap Alireza Beiranvand.

Akhirnya, upaya dari Skuad Amerika Serikat yang membuahkan hasil manis. The Yanks sukses membuka keran golnya di menit 38 melalui Christian Pulisic.

Berawal dari umpan silang ke kotak penalti disundul oleh Sergino Dest, dan bola diumpan ke Pulisic yang langsung melakukan sontekan manis. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk Amerika Serikat.

Setelah kebobolan, Iran meningkatkan intensitas permainannya. Namun, tim asuhan Carlos Queiroz masih mengalami kebuntuan.

Sementara itu, Amerika Serikat sempat mencetak gol keduanya. Akan tetapi, ia terjebak offside. Alhasil, skor 1-0 untuk Amerika Serikat bertahan hingga turun minum.

Sejak babak kedua dimulai, Iran nampaknya mengubah strategi mereka. Di mana, Carlos Queiroz mengganti beberapa pemainnya. Dapat tenaga tambahan, Mehdi Taremi dan kolega pun berusaha mencetak gol balasan dan keluar dari tekanan Amerika Serikat.

Iran hampir menyamakan kedudukan di menit 65 melalui sepakan kaki kanan Saman Ghoddos. Namun gol tersebut dianulir wasit. Karena sebelumnya, Mehdi Taremi dianggap telah melanggar lawan selama gerakan menyerang.

Kendati telah memasuki menit-menit akhir, Iran masih terus berupaya untuk menyamakan kedudukan. Tim asuhan Carlos Queiroz itu pun tak lelah berlari untuk bisa menciptakan peluang berbahaya. Akan tetapi, kerja keras mereka masih belum membuahkan hasil manis.

Alhasil, hingga pertandingan berakhir, Iran tak mampu mencetak gol balasan. Kemenangan 1-0 pun berhasil didapatkan oleh Amerika Serikat. Dengan hasil ini, Amerika Serikat berhak memastikan tiket ke babak 16 besar menemani Inggris.

Susunan Pemain:

IRAN XI (4-3-3): Alireza Beiranvand (GK); Milad Mohammadi, Morteza Pouraliganji, Majid Hosseini, Ramin Rezaeian, Ehsan Haji Safi (C), Saeid Ezatolahi, Ahmad Nourollahi, Mehdi Taremi, Ali Gholizadeh, Sardar Azmoun.

AMERIKA SERIKAT XI (4-3-3) : Matt Turner (GK), Sergino Dest, Antonie Robinson, Tim Ream, Tyler Adams (C), Cameron Carter-Vickers, Yunus Musah, Weston McKennie, Christian Pulisic, Timothy Weah, Josh Sargent.[rri]

BEKASI TOP