posbekasi.com

Sungai Cidawolong dan Kedunghurang Meluap, Ratusan Rumah Terendam

Sungai Cidawolong dan Kedunghurang meluap merendam ratusan pemukiman warga di Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Sabtu 16 Juli 2022 sore. [Posbekasi.com /BPBD Karawang]

POSBEKASI.com | KARAWANG – Intensitas curah hujan cukup tinggi menyebabkan Sungai Cidawolong dan Kedunghurang meluap hingga merendam ratusan pemukiman penduduk di Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Sabtu 16 Juli 2022, pukul 16.30 WIB.

“Sekitar 200 KK / 1.192 jiwa terdampak dan 304 unit rumah, 2 unit fasilitas ibadah, dan 3 unit fasilitas umum tergenang banjir dengan ketinggian antara 10 hingga 100 cm. Belum ada laporan korban jiwa  maupun masyarakat yang mengungsi akibat kejadian ini,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya diterima redaksi, Ahad 17 Juli 2022.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan, Sabtu masih menggenangi sebagian rumah warga, dan warga masih bertahan di rumah masing masing.

“TRC  BPBD Karawang melakukan kaji cepat ke lokasi, berkoordinasi dengan instansi terkait dan melakukan evakuasi warga yang harus di evakuasi,” kata Muhari.

Berdasarkan laporan Badan Meterologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah Kabupaten Karawang, kondisi berawan, cuaca akan berawan dan hujan dengan intensitas ringan.

“Inarisk BNPB, wilayah Kabupaten Karawang memiliki level risiko dengan tingkat sedang dan tinggi dengan wilayah 30 kecamatan yang terdapat di Kabupaten Karawang berisiko terkena banjir,” ujar Muhari.[DIN]

BEKASI TOP