posbekasi.com

Soroti Parkir Liar Jakarta, Kapolda: Macet Kok Dibiarkan

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan patroli parkir liar di Jalan Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (6/7/2022). [Posbekasi.com /Ismail]

POSBEKASI.com | JAKARTA – Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bicara soal fenomena kemacetan di Jakarta yang terus meningkat dalam beberapa waktu terakhir. Secara khusus Fadil pun menyoroti maraknya parkir liar di jalan.

Hal itu disampaikan Fadil saat memimpin rapat analisis dan evaluasi (anev) yang digelar di Polda Metro Jaya, Senin (4/7/2022). Fadil lalu memberikan arahan khusus kepada Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Rusdy Pramana untuk mengatasi kemacetan di Jakarta.

“Kemacetan-kemacetan itu Pak Rusdy coba diidentifikasi. Cari di mana titik-titik yang selalu macet tapi dianggap menjadi sebuah kebiasaan. Padahal sebenernya macet itu bisa diurai,” kata Fadil dalam rapat anev yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Rabu (6/7/2022).

Fadil lalu mencontohkan sejumlah lokasi di Jakarta yang menjadi langganan macet. Menurutnya, kemacetan itu terjadi bukan hanya karena volume lalu lintas yang tinggi.

“Contoh di sepanjang Jalan Suryo dan di sepanjang Jalan Senopati, kalau bisa setiap hari diderek itu mobil yang parkir (sembarangan) di depan,” katanya.

Mantan Kapolda Jatim ini meminta adanya sanksi tegas terkait parkir liar. Dia meminta jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya untuk menderek tiap kendaraan warga yang parkir sembarangan di jalan.

“Kalau perlu ada posko lalu lintas bersama DLLAJR di situ. Saya akan lihat mulai hari ini ke depan. Saya mau Anda taruh derek di situ, Anda taruh anggota di situ, begitu ada yang parkir sembarangan, tarik,” seru Fadil.

“Macet kok dibiarkan. Nah di tempat lain juga di Jaksel, Jakut, Jaktim khususnya di tempat-tempat yang sangat mengganggu kepentingan umum,” tambahnya.

Lebih lanjut Fadil meminta jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya untuk menyikapi serius fenomena parkir liar yang dianggap berperan dalam menciptakan kemacetan di Jakarta.

“Saya minta teman-teman di lalu lintas sudah mulai berbicara bagaimana mengurai kemacetan. Kalau macet karena volume bukan macet ya terjadi peningkatan, nggak apa-apa. Tapi kalau macet karena memang parkir sembarangan, padahal sudah ada pedestrian itu yang menurut saya harus kita tertibkan,” pungkas Fadil.

Derek Mobil Parkir Liar

Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya langsung turun ke lokasi dan menertibkan sejumlah kendaraan yang parkir liar di kawasan tersebut.

“Kemarin di kawasan Senopati-Suryo ada 10 kendaraan diderek oleh Dishub dan empat kendaraan dilakukan penilangan,” kata Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Rusdy Pramana, Rabu (6/7/2022).

Rusdy mengatakan pihaknya telah merespons cepat arahan yang diberikan Kapolda Metro Jaya. Dia menyebut telah melakukan rapat bersama para Kasat Lantas dan Dishub DKI Jakarta terkait maraknya parkir liar di Jakarta.

Sejumlah titik lokasi yang dinilai kerap terjadi parkir liar telah teridentifikasi pihaknya.

“Sudah diidentifikasi beberapa daerah rawan macet. Salah satunya Jalan Gunawarman, Senopati, Suryo,” terang Rusdy.
Dia menyebut penindakan berupa derek kepada kendaraan yang parkir liar akan terus dilakukan. Pos pemantauan pun akan segera didirikan di lokasi rawan parkir liar.

“Sudah ada beberapa kendaraan yang dilakukan derek oleh rekan-rekan dari Dishub terkait pelanggaran parkir yang menjadi penyebab salah satu kemacetan di kawasan Jalan Senopati, Suryo, dan Gunawarman. Hari ini akan didirikan pos bersama dengan rekan-rekan dari Dishub pada kawasan dimaksud,” kata Rusdy.[COK]

BEKASI TOP