Bekasi Online

Embung Batu Beureum Karangmukti Diproyeksikan jadi Destinasi Wisata

Embung Batu Beureum Karangmukti. [Posbekasi.com /Istimewa]

POSBEKASI.com | KARANGBAHAGIA – Embung Batu Beureum di Kampung Lemahabang Desa, Karangmukti, Kecamatan Karangbahagia, Kabupaten Bekasi, dibangun pada tahun 2019. Awalnya dibangun oleh Pemkab Bekasi sebagai tempat penampungan air untuk mendukung pengairan sawah para petani yang ada di sekitarnya, apabila mengalami kekeringan.

Pada saat pembangunan embung tersebut ditemukan artefak berupa koin liontin yang berasal dari tahun 1899. Koin itu diperkirakan dibuat pada zaman kolonial Belanda. Selain koin, artefak lain yang ditemukan adalah batu bata merah yang mirip bekas sebuah bangunan kuno.

Ditemukannya benda bersejarah yang sempat viral di lokasi tersebut, membuat Embung Batu Beureum akhirnya banyak didatangi masyarakat sehingga pihak desa setempat menjadikannya sebagai tempat wisata.

Camat Karangbahagia, Karnadi mengatakan, embung tersebut memiliki luas kurang lebih 8000 meter yang dapat mengairi pesawahan sekitar 50-60 hektar.

“Selain untuk mengairi sawah, Embung Batu Beureum diproyeksikan untuk tempat wisata air dan wisata sejarah karena adanya penemuan benda-benda bernilai sejarah di lokasi itu,” kata Karnadi.

“Ada fenomena penemuan Batu Merah di kedalaman 3 meter di bawah permukaan tanah. Selain itu ada juga koinnya yang bertuliskan Belanda tahun 1899,” terangnya, Selasa, (25/01/2022).

Kepala Desa Karangmukti, Sumardi menjelaskan, lokasi Embung Batu Beureum ini sudah diupayakan pengelolaannya oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Selain itu pihaknya juga sudah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan melibatkan Karang Taruna untuk penjagaan dan menciptakan lingkungan dan suasana yang kondusif sebagai destinasi wisata

“Ya, kemarin sudah masuk ke BUMDes, kemudian juga Pokdarwis, dan untuk menjaga Sapta Pesonanya Karang Taruna,” ungkapnya.

Sumardi menyebutkan, pihaknya bersama Pemerintah Kecamatan Karangbahagia telah menjalin komunikasi dengan Pemkab Bekasi untuk pengembangan wisata Embung Batu Beureum.

“Kami berharap Pemerintah Kabupaten Bekasi terus mendukung upaya eksplorasi potensi wisata Embung Batu Beureum untuk mewujudkan Desa Mekarmukti sebagai desa wisata,” harapnya.[GHA]

BEKASI TOP